oleh

Gubernur Herman Deru Berbaur dengan Petani Ikut Panen Cabai di Lubuklinggau

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumsel H.Herman Deru secara terang-terangan mengapresiasi Pemkot Lubuklinggau atas inovasinya memanfaatkan lahan eks Rumah Potong Hewan (RPH) menjadi lahan pertanian pangan seperti jagung, kedelai dan cabai. Iapun berharap inovasi Pemkot Lubuklinggau ini dapat menginspirasi kab/kota lain sehingga dapat meningkatkan produktivitas pangan di Sumsel.

“Bertani itu adalah identitas kita. Tidak perlu bersaing kuantitas yang penting masyarakat terbiasa memanfaatkan lahannya. Makanya Saya bangga Walikota Lubuklinggau bisa mendorong ini. Dan Saya yakin pasti masih banyak lahan milik pemerintah yang belum terjamah dan bisa dimanfaatkan” jelas HD dalam acara optimalisasi lahan eks RPH kerjasama Pemkot Lubuklinggau dengan Kodim 0406 MLM, Pembagian Kartu Tani dan Panen Cabai Merah di RPP Rama, Selasa (1/12) di Kelurahan Air Kati, Kecamatan Linggau Selatan IIKota Lubuklinggau.

Jika biasanya Ia turun ke lapangan untuk ikut panen padi, saat panen cabai merah kriting bersama petani Selasa siang di Bumi Perkemahan Silampari, antusiasnya juga tak kalah tinggi. Meski matahari menyengat siang itu, tanpa sungkan Ia terlihat cekatan memetik cabai kemudian mengumpulkannya ke pengepul.

Menurut HD, inisiasi Walikota Lubuklinggau bekerjasama dengan Kodim 0406 MLM sangat kreatif. Karena di lahan eks RPH ini banyak ditanami jagung dan kedelai. Bahkan cabai merah sudah siap dipanen. Iapun berharap inovasi ini bisa ditularkan ke kabupaten/kota lainnya di Sumsel. (rma/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *