oleh

HD: Jaga dan Lestarikan Spesies Ikan yang Hampir Punah di Sumsel

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) menerima audiensi Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) Universitas Sriwijaya dalam rangka pelaksanaan pertemuan pertama Forum FP2TPKI yang akan dilaksanakan di Universitas Sriwijaya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia FP2TPKI ke-1 tahun 2023, Dr. Ferdinand Hukama Taqwa, S.Pi., M.Si mengatakan bahwa fakultas perikanan lahir dan dibentuk pada tahun 2001 silam untuk meningkatkan hasil perikanan yang potensi cukup baik dimiliki oleh Sumsel.

Ia juga mengatakan bahwa pertemuan perdana yang akan dilaksanakan di Unsri nantinya dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh Sumsel kepada 106 anggota baik Perguruan Tinggi maupun Swasta.

“Kami mewakilkan FP2TPKI berencana mengadakan pertemuan nasional 2 kali dalam setahun dengan jumlah 106 anggota perguruan tinggi maupun swasta. Sumsel juga menjadi tuan rumah untuk pertemuan pertama di 2023 ini, sekaligus ajang untuk memperkenalkan Sumsel”, ucapnya.

Ditambahkannya pada hari kedua penebaran ikan lokal sumsel akan dilaksanakan di embung milik Unsri.

Menanggapi hal tersebut HD mendukung apa yang akan dilaksanakan ia juga berharap agar spesies ikan yang terancam punah untuk dilestarikan, “Populasi spesies ikan yang sangat minim di Sumsel ini harus dijaga”, tutur HD.

Selain itu ia juga meminta agar FP2TPKI dapat memberikan perhatiannya serta masukan agar pendayagunaan Pulau Maspari dan permasalahannya dapat diselesaikan bersama dengan Pemerintah.

Turut hadir Dekan Fakultas Pertanian Unsri, Prof. Dr. Ir. A. Muslim, M.Agr, Dekan Fakultas MIPA Unsri, Prof. Hermansyah, S.Si, M.Si, Ph.D dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *