oleh

Pemprov Sumsel Gelar Rapat Major Project Food Estate/Kawasan Sentra Produksi Pangan Sumsel

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru diwakili oleh Plt. Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M. Kes. menghadiri rapat koordinasi terkait pembahasan tentang Food Estate/Kawasan Sentra Produksi Pangan (FE-KSPP) Sumatera Selatan.

Pada kesempatan itu disampaikannya bahwa FE-KSPP Sumsel harus sukses dilaksanakan. Hal ini tentunya berkaitan dengan salah satu tujuan food estate yang dapat mengangkat penghasilan bagi para petani.

“Sektor pertanian memberikan kontribusi yang sangat besar untuk perekonomian disumsel, akan tetapi hal ini berbanding terbalik dengan penghasilan yang didapat oleh petani. Oleh sebab itu food estate disumsel harus berjalan sukses”, ucapnya.

Ia juga meminta ketika dalam pengembangannya, food estate ini juga harus memberi perhitungan tentang nilai pertukaran pada petani sehingga para petani dapat memperoleh penghasilan yang pantas.

“Saya harap food estate ini dapat menghitung juga tentang nilai tukar pada petani agar nilai cost tenaga yang dikeluarkan oleh para petani dapat dihitung sehingga penghasilan yang diperoleh dapat sebanding dengan kontribusi yang telah diberikan”, pintanya.

Sementara itu, Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas, Anang Noegroho menjelaskan bahwa dalam melakukan pengembangan Food Estate akan melibatkan 7 sektor yaitu Kehutanan, Jalan, Irigasi, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Perdagangan, Lingkungan Hidup.

Turut hadir Sekretaris Direktorat Jendral Kemenpan, Gunawan, Sp., M.Si, Direktur Perlindungan dan Perluasan Lahan Kemenpan, Erwin Noorwibowo, Direktur Irigasi Pertanian Kemenpan, Rahmanto serta Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (rma/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *