oleh

Tiga Kota di Sumsel Resmi Zona Merah

LUBUKLINGGAU, BeritaRakyatSumatera – Bertambahnya empat orang positif terjangkit Coronavirus Covid-19 di Kota Lubuklinggau yang kini menjadi tujuh orang positif, membuat Walikota Lubuklinggau yang juga Ketua Gugus Tugas Lubuklinggau menetapkan status Zona Merah. Penetapan ini membuat tiga kota di Sumatera Selatan resmi menjadi Zona Merah Covid-19.

Jumlah sementara warga yang terjangkit Covid-19 di Lubuklinggau sebanyak 7 orang, namun belasan orang lagi masih dilakukan Swab Test. Kota Lubuklinggau menjadi terbanyak ketiga setelah dua kota lainnya di  Sumsel. Untuk Kota Palembang sebanyak 64 positif Corona, yang kini tengah diusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), disusul Kota Prabumulih dengan kasus 19 positif Covid-19.

Penetapan Kota Lubuklinggau menjadi zona merah merupakan langkah antisipasi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan. China itu makin meluas. Terlebih masih banyak warga Silampari itu diperiksa dengan Rapid Test dan Swab Test.

“Empat orang yang dinyatakan positif kemarin, sudah diisolasi mandiri dan dalam pengawasan. Hingga sekarang sudah tujuh pasien positif terjangkit virus Corona, situasi itu artinya zona merah,” kata Walikota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe kepada wartawan, sebagaimana dilansir sejumlah online, Sabtu (25/4/2020).

Dengan penetapan zona merah, Kota Lubuklinggau melakukan standar operasional prosedur penanaman Covid-19 dengan transmisi lokal.

Walaupun kondisi empat pasien Covid-19 teranyar dalam kondisi baik, namun pemantauan dan prosedur penanganan sudah dilakukan standar Covid-19. “Tim medis dan Gugus Tugas kita akan maksimal menangani masalah ini. Begitu juga dengan antisipasi dan upaya meminimalisir penyebaran akan kita lakukan maksimal,” katanya.

Dia pun meminta agar masyarakat tetap tenang, namun ketika keluar rumah tetap memakai masker, selalu mencuci tangan dengan air mengalir, dan memakai hand sanitizer. “Standar antisipasi dan penanganan Covid-19 harus kita lakukan bersama-sama,” ujarnya.

Sebelumnya, juru bicara guyus tugas penanganan Coronavirus Covid-19 Provinsi Sumatera Selatan, Prof. Yuwono mengatakan, di daerah zona merah setiap orang wajib mengikuti standar penanangan Coronavirus Covid-19. “Selain selalu memakai masker, hand sanitizer, juga hindari kerumunan, jaga jarak fisik (Physical Distancing), semua harus disiplin,” katanya menegaskan. (asm/ras/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *