oleh

DPR: Pemerintah Perlu Sosialisasikan Keunggulan Padi Inpari Nutri Zinc

Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini tengah mengembangkan varietas baru padi Inpari Nutri Zinc yang ditanam di atas lahan milik petani seluas 2.050 ha di Desa Lenggerong, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Anggota Komisi IV DPR RI Endang Setyawati Thohari berharap pemerintah menyosialisasikan secara masif tentang keunggulan padi biofortifikasi yang kaya nutrisi ini.

“Permasalahan Stunting di Indonesia perlu adanya perhatian khusus. Sekitar 30 persen penduduk dunia termasuk Indonesia terutama anak-anak beresiko kekurangan gizi Zn (seng) yang sangat berguna untuk proses pertumbuhan. Padi Inpari Nutri Zinc ini adalah bagian dari upaya pemerintah melalui Kementan mengatasi masalah stunting,” ungkapnya di Jawa Tengah, Kamis (5/11/2020).

Politikus Fraksi Partai Gerindra ini mendorong para pemangku untuk saling bersinergi dalam menyerap hasil panen padi Inpari Nutri Zinc agar petani mendapatkan harga jual yang menguntungkan. “Bila perlu pemerintah memberikan subsidi harga kepada petani padi Inpari Nutri Zinc agar tidak mengalami kerugian,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengakui padi varietas Inpari Nitri Zinc yang di-launcing pada Tahun 2019 lalu, segmen yang dituju adalah ibu hamil dan anak-anak. Dimana, Pemalang sendiri mendapat perhatian khusus dalam upaya atasi stunting. Tahun ini terdapat 10.000 ha program penanaman padi Inpari Nitri Zinc yang dijalankan pemerintah dan tahun 2021 rencana akan ditingkatkan menjadi 50.000 ha dengan sasaran 100 kabupaten prioritas yang prevalensi stuntingnya tinggi.

“Kementan bantu penyediaan sarana produksinya dan untuk penjualan tadi kami sudah diskusi dengan Bulog dan PT Pertani (Persero), mereka menyanggupi untuk menyerap hasil panennya (varietas Inpari Nitri Zinc) ini dengan packaging-nya sekaligus. Tentu dibelinya dengan harga yang wajar,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Pemalang Junaedi menyebut di wilayahnya terdapat 2.050 hektar padi yang ditanam varietas Inpari Nutri Zinc bantuan Kementan tahun 2020. “Pemalang termasuk wilayah penyumbang stunting. Untuk itu program ini menjadi upaya pemerintah untuk atasi stunting ini,” ujar Junaedi. Ia berjanji akan berkoordinasi dengan pihak yang terkait untuk memberikan stimulan kepada petani terkait kendala di harga jual, serta dapat diserap oleh Bulog. (smn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *