oleh

MPR Ingatkan Mahasiswa Indonesia di UK Jaga Nilai 4 Pilar

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengingatkan mahasiswa anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) dan diaspora Indonesia di Inggris untuk senantiasa menjaga dan mengaplikasikan nilai-nilai kebangsaan, khususnya 4 Pilar MPR RI.

“Dengan kalian tinggal jauh dari rumah, kalian tetap harus memiliki rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai bagian dari bangsa Indonesia,” kata Syarief Hasan kepada mereka berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan hal itu ketika menyosialisasikan 4 Pilar MPR RI di KBRI London. Acara ini dihadiri oleh perwakilan PPI UK dan diaspora Indonesia sekaligus dalam rangka kunjungan kerja ke Inggris.

Dalam kesempatan tersebut, khusus kepada para mahasiswa yang tergabung dalam PPI UK, Syarief Hasan meyakini mereka akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa saat kembali ke Tanah Air.

Oleh karena itu, lanjut dia, para mahasiswa tersebut sepatutnya mengambil sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman selama berkuliah di Inggris. Ilmu dan pengalaman itu dapat dibagikan kepada masyarakat di Indonesia sebagai bentuk upaya memajukan bangsa.

“Selama kalian belajar dan memiliki privilege (keistimewaan) untuk menimba ilmu di Inggris ambil sebanyak-banyaknya ilmu dan hal baiknya. Setelah itu, kalian harus kembali pulang dan bagikanlah ilmu dan pengalaman kalian untuk kemajuan bangsa,” kata Syarief Hasan kepada perwakilan PPI UK dan diaspora Indonesia di negara tersebut.

Dengan begitu, kata dia, para mahasiswa tersebut dapat pula menorehkan jejak dan menjadi bagian dari sejarah pembangunan bangsa Indonesia.

Syarief Hasan pun menyampaikan pentingnya aspirasi para pelajar dan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri untuk dapat berpartisipasi dalam setiap perumusan kebijakan.

Menurut dia, masukan serta rekomendasi yang diberikan dapat memberikan perspektif baru bagi pemerintah dan para pemangku kepentingan di Indonesia dalam merumuskan kebijakan yang tepat sasaran sekaligus sesuai dengan kebutuhan rakyat. (rmt/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *