oleh

Perhatikan 5 Kebiasaan Sepele ini yang Bikin Tagihan Listrik Naik 

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Sejak PLN memberlakukan sistem tagihan rata-rata tiga bulan terakhir selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), berdampak pada kenaikan tagihan listrik yang begitu tinggi. Banyak pelanggan yang mengeluhkan soal kenaikan tagihan listrik yang dialaminya kepada PLN.

Namun PLN memastikan tak ada kenaikan tarif listrik. Kenaikan tagihan listrik terjadi bisa saja karena banyaknya pelanggan yang beraktivitas di dalam rumah selama pandemi corona sehingga pemakaian listrik meningkat.

Dilansir dari Indonzone.id, Menurut survei dari PLN ada beberapa hal kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan dan itu ternyata bikin boros listrik hingga akhirnya berdampak pada tagihan listrik yang melonjak drastis. Apa saja kebiasaan sepele itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memasang Stop Kontak Seharian

Biasanya stop kontak selalu terpasang pada sumber listrik agar memudahkan untuk digunakan apabila membutuhkannya, terlebih lagi jika ada colokan yang masih terpasang di atasnya.

Cabutlah stop kontak jika tidak mengunakannya dalam waktu yang lama dan colokan kembali jika kamu ingin menggunakannya agar listrik tidak terus menerus tersedot oleh penggunaan stop kontak yang tidak terpakai.

2. Rice Cooker Selalu Menyala

Setelah nasi matang, rice cooker biasanya akan masuk ke mode penghangat untuk menjaga nasi tetap hangat sepanjang hari. Membiarkan rice cooker menyala tentu akan menyedot daya listrik yang cukup besar.

Cabutlah rice cooker ketika sudah selesai memasak nasi dan colok kembali dalam mode penghangat 15 menit sebelum kamu makan agar nasi tetap hangat tanpa perlu boros listrik.

3. Sering Membuka Kulkas

Siapa sangka, sering membuka tutup kulkas bisa menjadi faktor yang bikin listrik kamu boros. Terutama ketika sedang memasak dan butuh bolak balik mengambil bahan masakan dalam kulkas.

Setiap kulkas pintu terbuka selama 30 detik, kulkas butuh waktu 30 menit untuk mengembalikan suhunya seperti semula. Tentu dalam hal ini kulkas akan menyedot listrik yang cukup besar.

4. Lupa Mencabut Charger

Meskipun memiliki daya yang kecil, namun charger handphone bisa bikin boros listrik. Menurut survei dari PLN, charger handphone yang tidak dicabut akan mengonsumsi 1 watt tiap jamnya.

Jika seluruh Jabodetabek melakukan ini akan memakan energi yang terbuang sekitar 96.000 kwh yang cukup untuk menerangi 755 rumah.

5. Memasang Suhu AC Rendah

Jika kamu sering memasang suhu AC dibawah 20 derajat, sebaiknya ganti kebiasaan ini. Memang suhu 16-18 derajat bisa membuat ruangan cepat dingin namun hal ini akan membuat AC menarik daya listrik yang besar.

Gunakan standar suhu ruangan yaitu 21-22 derajat agar mesin AC bekerja dengan stabil dan tidak bekerja lebih keras serta menyedot daya listrik yang besar.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang bikin boros pemakaian listrik hingga berdampak pada tagihan listrik yang meningkat. (jekk/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *