oleh

‘Ups, Belum Lima Menit’ Makanan Jatuh Masih Layak Makan, Mitos atau Fakta?

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Biasanya saat ada makanan yang jatuh ke lantai kita akan buru-buru mengambilnya kembali dan menyebutkan mantra “belum lima menit..”

Seolah sebelum lima menit maka kuman atau bakteri belum masuk ke dalam makanan yang jatuh tersebut, dan makanan masih makan untuk disantap.

Mitos ini juga terdapat di luar negeri yang disebut “five second rule”, bedanya mereka menganggap makanan masih aman jika jatuh kurang dari 5 detik

Seperti dikutip dari Indozone.id, Ahli kuman Anthony Hilton, dari Universitas Aston memberikan pendapatnya untuk mitos ini.

Berisiko atau tidaknnya makanan yang jatuh ke lantai tergantung dari kondisi lantai, jenis makanan dan lamanya makanan berada di lantai.

Sementara, Discovery Science Channel menyebutkan bakteri akan langsung berpindah ke makanan saat jatuh ke lantai.

Terlebih makanan basah, dibanding jatuh selama 3 detik makanan bisa mengandung kuman 10 kali lebih banyak dalam 30 detik.

Wah bagaimana lagi jika menunggu sampai lima menit ya..

Meskipun makanan yang jatuh ke lantai rasanya sayang jika terbuang sia-sia.  Namun jika ingin memakannya kembali perlu memikirkan risiko terkontaminasi bakteri. (ojan/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *