oleh

Wagub Lampung Minta Kabupaten/Kota Siapkan Skema Vaksinasi Tahap Kedua

Bandarlampung, Berita Rakyat Sumatera – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim meminta kepada 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung untuk menyiapkan skema pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi petugas pelayanan publik.

“Kami telah menerima pesan dari pemerintah pusat untuk menyiapkan perencanaan aksi bagi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk petugas pelayanan publik serta lansia,” ujar Chusnunia Chalim, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan pemerintah daerah ditargetkan untuk memiliki instrumen serta perencanaan sementara untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Kita ditargetkan untuk dapat melaksanakan vaksinasi COVID-19 selain tepat waktu juga rapih untuk menghindari adanya penularan di tengah masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, bila memungkinkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal bagi petugas pelayanan publik ataupun lansia dengan memanfaatkan gelanggang olah raga ataupun gedung pertemuan.

“Mungkin kita akan mencontoh sejumlah daerah yang telah melaksanakan vaksinasi terlebih dahulu seperti di Pulau Jawa, dengan memanfaatkan ruang terbuka, sehingga bisa menghindari adanya persebaran COVID-19,” katanya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.

“Skema akan disiapkan sembari melakukan pendataan, jadi dapat diatur agar tidak ada penumpukan,” kata Reihana.

Ia menjelaskan bila saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua tidak dimungkinkan dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan, akan menggunakan ruang terbuka.

“Mungkin nanti kalau di fasilitas pelayanan kesehatan menumpuk kita bisa gunakan seperti gelanggang olah raga Saburai untuk melakukan vaksinasi, dan tentunya disana kita akan siapkan petugas serta menjaga rantai dingin agar vaksin tetap terjaga kualitasnya,” ucapnya. (icn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *