oleh

90 orang dinyatakan lulus sebagai anggota PPK Palembang

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang menyebutkan sebanyak 90 orang dinyatakan lulus dalam seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 dan dijadwalkan akan dilantik pada 4 Januari 2023.

“Sebanyak 90 orang yang terpilih menjadi anggota PPK Pemilu 2024 ini akan dilantik pada 4 Januari 2023. Mereka nantinya disebar di 18 kecamatan kota ini,” kata Ketua KPU Kota Palembang Syawaludin di Palembang, Rabu.

Ia menjelaskan setiap kecamatan diisi lima orang anggota PPK yang terdiri atas satu orang ketua dan empat anggota.

“Setiap kecamatan itu juga memiliki satu anggota perempuan karena untuk memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan,” katanya

Tugas PPK ini yakni melaksanakan semua tahapan pemilu di tingkat kecamatan, lalu membantu KPU RI, KPU Provinsi Sumatera Selatan, serta kabupaten dan kota di Sumsel untuk melakukan pemutakhiran data pemilih dan mensosialisasikan penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat.

Kemudian melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dan mengawasi tindakan kecurangan di wilayah kerja masing-masing anggota PPK.

KPU Kota Palembang saat ini juga sedang melakukan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan yang saat ini dalam tahap proses administrasi. Jumlah pendaftarnya hingga hari ini sudah mencapai 2.000 orang, dan rekrutmen berlangsung sampai 30 Desember 2022, katanya.

Terkait soal beberapa gedung Sekretariat PPK yang rusak, pihaknya telah mengusulkan kepada Wali Kota Palembang untuk memperbaikinya..

“Kami hari ini sudah melakukan audiensi dengan Wali Kota Palembang dan juga mengusulkan perbaikan gedung sekretariat PPK sehingga setelah dilantik anggota PPK ini dapat bekerja dengan baik,” kata Syawaludin. (jek/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *