oleh

Antisipasi Konflik Agraria di Sumsel, HD Dorong Segera Bentuk Satgas

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) membuka Focus Group Discussion (FGD) terkait penanganan permasalahan konflik agraria di Provinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan secara Hybrid di Hotel Novotel Palembang.

FGD tersebut diikuti secara Off Line oleh FKPD Prov. Sumsel, Kakanwil BPN se Sumsel, Bupati/Walikota Se-Sumsel, Kakanwil Pertanahan Kab/Kota Se-Sumsel dan OPD Terkait dilingkungan Pemprov Sumsel serta diikuti secara On Line oleh Pemerintah Daerah terkait Se – Sumsel.

Dikesempatan tersebut HD meminta seluruh pihak harus memiliki sinergitas untuk menjadi fasilisator dalam pencegahan konflik dan mendiskusikan permasalahan dengan cara komprehensif terkait konflik agraria.

“Pertama saya berikan apresiasi kepada Kapolda Sumsel yang konsisten dalam menerapkan zero konflik di Sumsel, saya juga minta semua persoalan nanti didiskusikan dengan cara komprehensif dan semua pihak yang terkait harus menjadi fasilisator dalam hal ini,” ungkapnya.

Ia juga berharap melalui FGD tersebut dapat menemukan solusi terkait permasalahan yang sudah ada dan mencegah permasalahan sebelum terjadinya konflik agraria.

“Saya merasa bersyukur FGD ini digelar, karena ini diduskusikan dengan baik dan mengundang seluruh kepala daerah se Sumsel tentu ini juga merupakan upaya kita mencegah sejak dini dan menyelesaikan permasaahan sebelumnya,” katanya

Terkait hal tersebut HD meminta agar segera dibentuk satgas guna mencegah konflik agraria di Provinsi Sumsel, dan berharap persoalan tanah dapat diselesaikan dengan cara mediasi.

“Saya berharap kita semua dapat berkomitmen dengan menyamakan persepsi, semoga juga dengan cara mediasi permasalahan dalam konflik agraria dapat diatasi,” ujarnya.

Turut Hadir Ketua DPRD Sumsel
Hj. R.A. Anita Noeringhati, S.H., M.H., Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Toni Hermanto, Kepala kantor kewilayahan BPN SUMSEL Drs. Pelopor, M.Eng.Sc. (rmt/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *