oleh

Cyber Space, Cyber Security dan Cyber Defense, Kemampuan Mempertahankan Data dan Infrastruktur TIK

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili Kadis Kominfo Provinsi Sumsel H.Achmad Rizwan SSTP, MM dalam kegiatan Pembekalan Tim Cyber II/SWJ dengan materi Pengenalan Konsep Cyberspace, Cyber Security and Cyber Defence.

Rizwan menjelaskan Cyberspace, Cyber Security and Cyber Defence adalah bagaimana Institusi Pemerintah atau Non Pemerintah mampu mempertahankan data, infrastruktur TIK dan lainnya. Merupakan praktik melindungi Teknologi Informatika seperti komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan dan data dari serangan berbahaya.

“Di era modern sekarang ada 2 ancaman siber yang akan kita hadapi yakni Ancaman Siber Militer dan Ancaman Siber Non Militer, Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mempersiapkan sarana Teknologi Informatika yang baik serta SDM yang handal”

“Contoh Kita harus memiliki pusat data center yang terverifikasi dan sesuai standar, antara lain adanya fire wall yang melindungi serta equipment pendukung lainnya” jelas Rizwan.

Rizwan mencontohkan salah satu bentuk Cyber Crime adalah Hoax. Saat ini Kemenkominfo RI memiliki aplikasi analis, dengan alat tersebut mereka akan menggali informasi dari semua data yang ada, untuk memverifikasi apakah berita tersebut hoax atau disinformasi , nanti akan di analisa berita tersebut masuk dalam kategori Hoax atau disinformasi, kemudian hasil verifikasi tersebut akan disebarluaske ke seluruh Indonesia.

“Semua hal mengenai Cyber Law berikut aturan serta sanksi terkait Informasi Transaksi Elektronik termasuk siber sudah di atur di dalam UU ITE” tambahnya.

Peserta pembekalan berasal dari Tim Cyber Kodam II/SWJ, Korem 041 GAMAS, Korem 042 GAPU,Korem 043 GATAM, Korem 044 GAPO, Korem 045 GAYA.

Turut hadir sebagai Narasumber Pabandya Intel Kodam/SWJ Mayor. INF. Edi Tri dan Ipda. Yudi dari Polda Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *