oleh

HD bagikan benih dan bibit tanaman untuk sosialisasikan GSMP

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Banyak cara yang dilakukan Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam mengajak warga agar tetap produktif. Salahsatunya dengan membagi-bagikan benih dan bibit tanaman sebagai cara mensosialisasikan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Seperti saat kunjungan kerja (Kunker)nya di Kabupaten Empat Lawang, Kamis (9/3). Gubernur Herman Deru membagikan benih dan bibit tanaman secara cuma-cuma yang diperuntukan bagi masyarakat di sejumlah desa dalam Kecamatan Muara Pinang.

Menurut Herman Deru inisiasi GSMP diambilnya sebagai salah satu cara dalam mengubah pola pikir masyarakat dari yang tadinya sebagai konsumen menjadi penghasil atau produsen sayur mayur dan sejenisnya yang menjadi konsumsi rumah tangga sehari-hari dengan memanfaatkan lahan pekarangan sekitar tempat tinggal.

Menurut Herman Deru dengan GSMP banyak manfaat yang didapat daerah diantaranya memudahkan kalangan rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan dapur sendiri. Sehingga tidak perlu berpikir untuk membeli. Dengan terpenuhinya gizi keluarga lanjut dia akan menekan kasus stunting pada anak dan kemiskinan dapat ditekan.

“Sejak GSMP ini kita launching akhir 2021 lalu. Sumsel berhasil masuk 10 besar Provinsi yang dapat mengendalikan inflasi. Selain itu kasus stunting di Sumsel turun drastis 6,2 persen,” imbuh Herman Deru.

Dia mengajak kalangan ibu rumah tangga untuk menjadi contoh bagi lingkungan sekitar. Adapun untuk benih atau bibit diberi gratis oleh Pemerintah.

“Tadi ibu-ibu sudah dibagikan bibit ada cabe. Kita rubah pikiran kita tadinya membeli menjadi penghasil. Ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan pangan, jadi bibitnya itu, Saya harapkan ibu-ibu tanam di rumah,” katanya.

Herman Deru menuturkan, Provinsi Sumsel merupkan daerah penghasil beras terbesar di Indonesia, oleh sebab itu ketahanan pangan harus tetap terjaga. (rma/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *