oleh

HD buka Rapat Evaluasi dan Percepatan Penyaluran Pupuk

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru utarakan, komitmen kita bersama menjadi penyangga pangan nasional bukan hanya lumbung pangan dan berharap pada evaluasi ini harus menghasilkan rekomendasi dengan catatan tidak ada pembatasan pupuk maupun terjadinya ada kuota penyediaan pupuk serta tidak ada perampingan terkait pupuk.

Hal tersebut diutarakan menghadiri sekaligus membuka Rapat Evaluasi dan Percepatan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Prov. Sumsel Tahun 2023.

“Ada sesuatu yang anomali pada semester akhir, pupuk kita over stock. Sementara di lapangan kalau saya bertemu dengan petani selalu mengeluh” ujar Gubernur Herman Deru (HD).

Lanjut HD, Terkait permasalahan ini pasti ada problem dengan adanya kelebihan stok maka kita harus bedah maupun dikaji apakah kendala ada di distributor, produsen atau di petani. Hal ini pasti ada sesuatu yang salah maupun some thing wrong, karena kita tidak ada menghubungkan permasalahan maupun tidak bicara El Nino.

Ditambahkan HD, Negara intervensi dalam hal pupuk. Masukan seperti distributor mengerti demand dan suplai kenapa tidak kita telusuri karena persoalan ini merupakan satu kesatuan anatomi yaitu distributor, produsen dan petani serta Tenaga Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (P2EP).

“Target kita tidak ada penurunan terkait pangan karena ada persolan distribusi pupuk, kita harus dari pesimis jadi optimis dengan adanya aksi inovasi” tutup HD.

Kepala Dinas Pertanian TPH Prov Sumsel, Dr. Ir. H. R. Bambang Pramono, M.Si, utarakan implementasi regulasi Permentan 10 Tahun 2022 menjadi pembatas penginputan alokasi Tahun 2023 pada Sistem e-Alokasi sehingga e- Alokasi Sumatera Selatan untuk pupuk Urea semula 250. 475 Ton menjadi 150. 544, 80 Ton dan pupuk NPK semula 188, 761 Ton menjadi 170. 454, 24 Ton.

“Sampai dengan tanggal 31 Agustus 2023, serapan Urea mencapai 48, 26 % dari target 150. 544, 80 Ton dan serapan pupuk NPK mencapai 42, 82 % dari target 170. 454, 24 Ton” ujarnya

Turut hadir para Kepala OPD Prov. Sumsel. (jek/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *