oleh

HD: Junjung Solidaritas dan Kerukunan Umat Beragama

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat melantik pengurus DPD Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) Provinsi Sumsel periode 2023-2028.

HD katakan lembaga pengembangan kitab suci penting bagi para umat beragama. Karena banyak penganut umat beragama belum tentu bisa memahami dan membaca kitab sucinya.

“Lembaga pengembangan kitab suci ini tentu menjadi lembaga yang menjadi rujukan bagi penganut agama budha dalam pengembangan kitab Tripitaka Gatha,” katanya.

Sebab didalam setiap kitab suci punya ajaran budi pekerti. Antara lain saling menghormati, tidak ada satupun agama yang mengajarkan kekerasan. HD katakan Sumsel juga siap menjadi tuan rumah pelaksanaan STG.

“Dengan adanya ini, diharapkan umat budha di Sumsel untuk lebih menjunjung agamanya dan tetap menjaga kesetiakawanan dan solidaritas antar umat beragama. Dan juga sesama penganut agama yang sama,” ujarnya.

Ketua pengurus DPD LPTG Provinsi Sumsel periode 2023-2028, Halim Susanto,SE, mengapresiasi dukungan HD kepada LPTG Sumsel. Dirinya juga mengapresiasi dedikasi HD yang selalu berupaya menjaga budaya dan kearifan lokal sebagai landasan kemajuan Sumsel.

“Kita menargetkan untuk menjadikan Sumsel sebagai pusat referensi agama Budha seperti kejayaan Sriwijaya. LPTG Sumsel juga akan mengirimkan kotingen ke lomba lomba Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) tingkat nasional,” ujarnya.

Pengurus DPP LPTG Pusat, Tirtali Wijaya, mengapresiasi dukungan Gubernur terhadap LPTG yang merupakan lembaga keagamaan runtukan pemerintah yang bertugas mengembangkan pemahaman terhadap Tripitaka. Ia berharap STG dalam skala nasional juga akan menghasilkan bibit-bibit muda yang memahami Tripitaka.

Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *