oleh

Jelang Ramadhan, Gubernur Lampung: Pemda komitmen menjaga stok pangan

Lampung, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pangan menjelang Ramadhan.

“Untuk menjaga konsumsi pada Ramadhan hingga Idul Fitri tetap terjaga, maka pemerintah daerah akan berkomitmen menjaga ketersediaan pangan dan bahan pokok,” ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan komitmen untuk menyediakan stok pangan dan bahan pokok dengan harga stabil pada Ramadhan, hingga Idul Fitri tersebut dilakukan untuk menjaga konsumsi masyarakat agar tetap stabil.

“Ini memang menjadi perhatian khususnya menjelang Ramadhan agar semua stabil,” katanya pula.

Dia menjelaskan salah satu upaya untuk menjaga konsumsi menjelang Ramadhan, dilakukan dengan menjaga produktivitas sektor pertanian terutama menjaga ketersediaan beras bagi masyarakat.

“Diharapkan beras ini bisa ditingkatkan lagi produksinya apalagi sebentar lagi panen raya. Meski perlu diwaspadai juga kondisi cuaca tapi tetap diupayakan agar produksi terjaga,” katanya pula.

Menurut dia, pihaknya juga akan tetap berkontribusi memenuhi kebutuhan pangan secara nasional, setelah pemenuhan kebutuhan lokal terjaga.

“Daerah siap mendukung ketersediaan pangan nasional, dan daerah lain yang kekurangan, setelah konsumsi lokal semua dilakukan. Sebab ada peningkatan konsumsi lokal setelah mobilitas meningkat,” ujarnya lagi.

Sebagai upaya menjaga harga, pasokan, dan inflasi tetap terkendali pemerintah daerah terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat serta pihak terkait. Selain itu dilakukan pula upaya menjaga stabilitas harga melalui operasi pasar yang telah dilaksanakan di beberapa lokasi. (rma/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *