oleh

MY: Informasi Transparan, Jelas dan Akuntabel, Hindari Sengketa Informasi

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya (MY) saat membuka rakor dan bimtek Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Se-Sumsel Tahun 2021.

MY katakan kegiatan ini merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Seiring perkembangan teknologi, masyarakat Sumsel saat ini memiliki banyak tuntutan-tuntutan informasi yang tidak ada batasnya.

“Kita sebagai pejabat pemerintah yang diberikan mandat, ini harus tahu, masyarakat kita menuntut informasi dimulai dari tingkat terendah, yaitu desa, terutama tentang transparansi pengelolaan kebijakan-kebijakan pemerintah desa,” ujarnya.

Ditambahkan MY, Masyarakat perlu mengetahui tentang keterbukaan informasi publik. Ketidaktahuan pada masyarakat bisa diprovokasi pihak-pihak berkepentingan, sehingga menimbulkan masalah yang bersifat propokator dan adu domba karena tidak adanya tranaparansi,” ujarnya.

MY berharap bimtek ini dapat diimplementasikan dilapangan. Kemudian masing-masing daerah akan mensosialisasikan kembali hal ini dari tingkat kecamatan hingga desa. Sehingga hal ini dapat memberikan manfaat kepada pembangunan Sumsel kedepannya sebagai bentuk pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP, MM, laporkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi dan perwujudan komitmen Pemprov Sumsel untuk penguatan kelembagaan dan memberikan pelayanan informasi publik yang transparan, aspiratif dan akuntabel sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008.

” Hal tersebut untuk mewujudkan peningkatan kualitas PPID sebagai pusat pelayanan informasi bagi masyarakat Sumatera Selatan demi terwujudnya Sumsel Transparan,” katanya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Kapuspen Kemendagri RI Bapak Drs. Benni Irwan, diwakili Penata Humas Ahli Muda Subbid Layanan Informasi Data dan Dokumentasi Puspen Kemendagri, A. Ernawati AB, SE, MA, dan Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Wafa Patria Umma.

Turut hadir Para Kadis Kominfo se-Sumsel. (jek/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *