oleh

Nadiem Makarim Tinjau Vaksinasi Guru dan Peserta Didik di Jambi

Jambi, Berita Rakyat Sumatera – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim meninjau pelaksanaan vaksinasi terhadap tenaga pendidik dan peserta didik yang berlangsung di Makorem 042 Garuda Putih, Provinsi Jambi, Selasa.

Tenaga pendidik dan peserta didik menjadi salah satu kelompok prioritas yang harus diberikan perlindungan ganda. Selain itu vaksinasi tersebut juga merupakan persiapan untuk melaksanakan pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. Mengingat level zonasi COVID-19 di Provinsi Jambi sudah turun dari zona merah ke zona kuning dan tengah menerapkan PPKM level III.

“Vaksin COVID-19 aman, saya sekeluarga sudah di vaksin, semuanya tidak harus takut, saya apresiasi capaian vaksinasi Kota Jambi yang sudah mencapai 87 persen secara keseluruhan,” kata Nadiem Makarim saat meninjau vaksinasi di Korem 042 Garuda Putih Jambi.

Vaksinasi tersebut menargetkan 10.000 tenaga pendidik dan peserta didik yang dilaksanakan dari tanggal 20-24 September 2021. Dimana vaksinasi tersebut dipusatkan di beberapa lokasi, diantaranya di Kota Jambi, Kabupaten Merangin, Sarolangun dan beberapa daerah lainnya. Dalam satu hari di targetkan 2.000 orang peserta didik dan tenaga pendidik di vaksinasi.

Nadiem menjelaskan sesuai dengan surat keputusan bersama empat menteri, bagi satuan pendidikan yang tenaga pendidiknya sudah di vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan kedua wajib melaksanakan PTM terbatas di sekolah.

Kegiatan vaksinasi terhadap insan pendidikan tersebut merupakan kolaborasi Danone Indonesia dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam mendukung pemerintah mengatasi pandemi COVID-19.

Vaksinasi dapat memberikan kesehatan dan keselamatan bagi pelaku pendidikan sekaligus menyukseskan percepatan PTM di Indonesia.

Government Relations dan External Scientific Affairs Director Danone Indonesia Rachmat Hidayat mengatakan program sentra vaksinasi generasi maju menjadi wujud nyata Danone Indonesia dalam mendukung pemerintah untuk memulihkan kembali kesehatan dan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

“Ini adalah inisiatif yang ke 20 yang dilakukan Danone Indonesia dalam membantu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi nasional,” kata Rachmat Hidayat.

Sementara itu Gubernur Jambi Al Haris mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi saat ini tengah mempersiapkan pembukaan sekolah dan mempersiapkan proses pembelajaran tatap muka terbatas. Selain itu secara bersamaan turut dilakukan percepatan vaksinasi terhadap tenaga pendidik dan peserta didik di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

“Kami menyadari bahwa target vaksinasi bagi peserta didik masih di bawah target provinsi, karena itu kami sangat berterima kasih kepada Kemendikbudristek dan juga dukungan dari pihak swasta seperti Danone Indonesia yang bersama-sama menggerakkan program vaksinasi bagi masyarakat di Provinsi Jambi,” kata Al Haris. (jek/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *