oleh

Pemkab Belitung “Jemput Bola” Vaksinasi COVID-19

Belitung, Berita Rakyat Sumatera – Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan kegiatan “jemput bola” vaksinasi COVID-19 guna mengantisipasi terjadi kerumunan dan penumpukan peserta vaksinasi COVID-19.

“Jemput bola vaksinasi itu akan kami lakukan juga tapi kami lihat orangya masih mampu atau tidak datang untuk divaksin kalau tidak otomatis kami akan jemput bola,” kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan.

Menurut dia, jemput bola pelaksanaan vaksinasi COVID-19 merupakan sebuah inovasi pelayanan vaksin guna mempercepat penyuntikan vaksin kepada sejumlah sasaran di daerah itu.

Ia menambahkan, pelaksanaan “jemput bola” vaksinasi COVID-19 juga akan dilakukan di sejumlah Kecamatan dan Desa yang berada di luar Tanjung Pandan.

“Jadi untuk kecamatan-kecamatan di uar Tanjung Pandan mereka tidak perlu ke sini (Tanjung Pandan) nanti petugas kami yang datang ke sana untuk ke Desa dan klaster selanjutnya,” ujarnya.

Bupati mengatakan, pelaksanaan jemput bola vaksinasi COVID-19 sangat tergantung dengan penyaluran dan ketersediaan vaksin COVID-19.

“Kalau vaksin yang datang banyak akan kami lakukan vaksinasi cuma untuk saat ini vaksin terbatas dan kami fokuskan di Kecamatan Tanjung Pandan bagi para guru untuk menekan transmisi lokal COVID-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Dian Farida mengatakan pelaksanaan jemput bola vaksin COVID-19 diyakini dapat mempercepat realisasi vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

Kendati demikian, lanjut dia, pelaksanaan vaksinasi tersebut memang sangat tergantung dengan ketersediaan vaksin yang ada.

“Kalau memang kondisi vaksinnya memungkinkan iya bisa kami akan jemput bola jadi sangat tergantung “droping” vaksin maka sekarang ini kami masih fokus pada sasaran dan jumlah vaksin yang tersedia,” ujar dia. (jek/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *