oleh

TP PKK Prov. Sumsel Ikuti Webinar KemenPPPA

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Ketua TP PKK Prov. Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru didampingi oleh pengurus dan anggota TP PKK Prov. Sumsel lainnya mengikuti kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) secara virtual dengan tema perlindungan terhadap anak penyandang disabilitas dimasyarakat.

Pada kesempatan tersebut Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA, Nahar, S.H., M.Si mengatakan bahwa pemerintah dibutuhkan untuk melakukan perlindungan terhadap anak, khususnya anak – anak yang menyandang disabilitas.

“Negara, pemerintah kementerian lembaga dan lembaga lainnya mempunyai kewajiban untuk melakukan perlindungan terhadap anak yang berkebutuhan khusus. Karena anak – anak tersebut memiliki persoalan yang kompleks terkait dengan pelanggaran hak – hak mereka”, ungkapnya.

Selain itu dijelaskannya juga bahwa peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Adapun tugas masyarakat ialah melaporkan pelanggaran kekerasan terhadap anak, melakukan pemantauan dan pengawasan, menyediakan sarana dan prasarana bagi tumbuh kembang anak, berperan juga dalam menghilangkan pelabelan terhadap anak disabilitas.

Disampaikannya juga bahwa dalam melaksanakan perlindungan khusus terhadap anak penyandang disabilitas maka dibentuklah Kelompok Kerja Anak Penyandang Disabilitas terdiri dari Kementerian/Lembaga terkait dan masyarakat.

“Harapannya melalui webinar ini kita dapat merumuskan persoalan yang menjadi kendala dalam melaksanakan perlindugan anak dan mendapatkan pencerahan dan solusinya terkait cara dalam melindungi anak – anak penyandang disabilitas”, tutupnya.

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Prov. Sumsel, Hj. Fauziah Mawardi Yahya. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *