oleh

Covid-19, 1 Pedagang Meninggal Pasar Kebun Semai di Tutup

//Oktap Desak Walikota Lakukan Rapid Test di Pasar Lain nya 

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Pasar Kebon Semai Sekip Palembang akhirnya mulai hari ini ditutup,  Sebanyak 100 pedagang di lakukan rapid test.  Penutupan ini di sambut baik Ocktap Riady mantan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (pwi) Sumsel sekaligus pengamat Pemberitaan kasus Covid 19.

Menurut Ocktap langkah tersebut, penutupan pasar itu harus ditindak lanjuti dengan penyemprotan disinfektan dan pengawasan ketat aparat jika kembali dibuka.

“Setelah keluar hasil test seluruh pedagang itu dan tidak ada lagi yang positif Corona baru pasar di buka lagi. Jika hasilnya belum keluar jangan dibuka. Setelah dibuka pun harus diawasi ketat dengan prosedur pencegahan Covid” ujar Ocktap.

Ocktap mendesak walikota untuk melakukan test rapid terhadap semua pedagang tradisional dan modern di Palembang ini.  Sehingga semua pembeli merasa aman jika berbelanja.

“Jadikan contoh kasus Covid-19 di pasar Kebon Semai untuk tidak terjadi di pasar lain nya seperti pasar Km 5, pasar Jakabaring dan pasar lainnya” ujar Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Pwi Pusat ini.

Ocktaf tegur sapa dengan Walikota Palembang.

Selain test rapid dilakukan terhadap pedagang pasar tradisonil Ocktap juga mendesak agar walikota Palembang melalui tim nya untuk melakukan Rapid Test  terhadap pegawai pasar retail modern yang bertebaran di kota Palembang termasuk juga di mall.

Penting nya Test itu di lakukan selain mengamankan pengunjung atau pembeli dari Covid-19 juga memberi rasa aman  bagi pegawai mart itu sendiri” ujar Ocktap sembari mengutak atik handphone nya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Ayus Astoni, yang di sampaikan oleh Yudhi Setiawan menerangkan, Rapid Test dilakukan kepada pedagang terutama yang berada di sekitar pasien suspek Covid-19. Dan pemeriksaan dilakukan secara bertahap.

Seluruh pedagang itu dilakukan pemeriksaan, tetapi secara bertahap/ bergiliran dijadwalkan sampai Jumat nanti. Bagi yang belum diperiksa diharapkan tetap melakukan protokol kesehatan dan isolasi mandiri.

Nantinya, setelah hasil tes keluar, bagi yang positif akan dilakukan test swab. Sementara yang hasilnya negatif diwajibkan karantina mandiri.

Di tempat terpisah direktur utama PD Pasar Palembang Jaya, A Rizal, memastikan pihaknya akan menutup operasional Pasar Kebun Semai Sekip mulai pagi ini, Selasa (26/5/2020) hingga satu pekan mendatang.

Rizal menerangkan pasar akan di buka lagi setelah mendapat arahan dari tim Gugus Tugas kota Palembang.Saat ini jumlah total pedagang di Pasar Kebun Semai mencapai 150 orang.

Semua pedagang akan di tracking dan mengikuti rapid test massal. Tim gugus tugas bekerja sama dengan kita akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pedagang, dan yang menjadi prioritaskan adalah pedagang yang dekat dengan pasien meninggal.

Untuk sementara selama pasar belum beroperasi, pihak PD Pasar akan melakukan penyemprotan disinfektan dan menerapkan protokol Covid-19. (ray/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *