oleh

H-5 Ied, Pemerintah Distribusikan Bansos ke 8,3 Juta Keluarga

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Bantuan sosial besar-besaran (Bansos) rencananya akan didistribusikan sebelum Idul Fitri 1441 Hijriah. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan akan ada distribusi bantuan sosial untuk 8,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), atau sekitar 80 persen dari target 9 juta KPM.

Program bantuan sosial ini akan diberikan melalui PT POS Indonesia dan akan didistribusikan paling lambat lima hari sebelum Idul Fitri.

“Lima hari sebelum lebaran akan didistribusikan dalam skala besar,” ujar Muhadjir dilansir Cable News Network Indonesia.

Muhadjir mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Sosial dan Direktur Pelaksana PT Pos Indonesia untuk distribusi besar bantuan sosial menjelang Idul Fitri.

“Jika perlu, staf pos PT tidak mengambil libur lebaran, untuk memenuhi target,” katanya.

Sejak diumumkan pada awal Maret 2020, bantuan sosial (Bansos) untuk penduduk yang terkena pandemi virus korona (Covid-19) telah menyebabkan berbagai masalah. Kekacauan data penerima manfaat telah memicu perdebatan antara pemerintah pusat dan daerah.

Salah satu kasus pertama yang muncul ke publik adalah di Bekasi. Pada saat itu, masyarakat dikejutkan oleh berita bahwa pemilik dua mobil menerima bantuan sosial. Sementara 20 rumah tangga yang memenuhi syarat di RT 04 / RW 09, Desa Telukpucung, Bekasi Utara, tidak menerima bantuan sama sekali.

Belum lagi masalah bantuan sosial di DKI Jakarta. Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki sengketa data dan berakhir dengan debat publik. (ray/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *