oleh

HD: Alat Ukur K3 Perbaiki Harga Karet Sumsel

Banyuasin, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumsel H Herman Deru pada acara penyerahan bantuan Alat Ukur Kadar Karet Kering (K3) dan Oven Pengering Kopra bagi IKM Banyuasin serta Sertifikat Halal bagi IKM di Sumsel.

HD mengungkapkan melalui Alat Ukur K3 akan buka wawasan para petani untuk dapat mengetahui harga karet sehingga tidak lagi ‘dijajah oleh pembeli karena manfaatnya luar biasa dapat mengukur kadar karet.

“Kita harus tahu kenapa harga karet tidak begitu baik, itu karena tidak memperhatikan mutu dan kualitas karet seperti kurang bersih. Saya mengajak para petani, perlu peningkatan mutu Bahan Olah Karet (BOR) seperti jenis Lateks” ajak HD.

Tambahnya, harga karet membaik dengan harga Rp 1800. Masyarakat musti tahu harga tersebut membaik karena negara tetangga lock down. Maka saat ini masa emas kita dalam perbaiki mutu karet.

Terkait pengeringan Kopra, saat ini tidak bisa lagi mengandalkan cuaca dapat kering dalam 24 jam dan Oven Pengering Kopra sangat bermanfaat dalam proses pengeringan tersebut” ujar HD.

Sedangkan Sertifikat Halal suatu produk yang akan di konsumsi/dipakai konsumen harus dikeluarkan melalui Fatwa MUI.

“Siang ini akan diadakan MOU antara Pemprov Sumsel dan TNI untuk meningkatkan status  Sawah lebak/pasang surut  di Kabupaten Banyuasin untuk dijadikan sawah teknis seluas 34.500 Ha dan  ditargetkan November 2021 selesai. Semoga Sumsel dari peringkat 4 nasional penghasil beras dapat naik peringkat lagi” tutupnya.

Bupati Banyuasin H. Askolani mendukung Pemprov Sumsel dalam mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan salah satu ya dengan memberikan lahan untuk do lah melalui program food estate.

Kadis Perindustrian Hj. Ernila Rizar melaporkan bantuan Alat Ukur K3 dan Oven ke Gering Kopra merupakan bentuk kepedulian beberapa perusahaan yang mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan Mutu Kelapa dan Kopra di Sumsel.

Turut hadir Anggota DPRD Sumsel M. Yaser, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra. Ir. H, Supriyono, FKPD Sumsel, Para Kepala OPD Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *