oleh

Herman Deru Terima Pimpinan dan Anggota DPRD Muara Enim, Bahas Terkait Pertambangan Rakyat 

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima Pimpinan DPRD, Ketua Komisi I dan Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Muara Enim dalam rangka terkait izin pertambangan rakyat yang ada di Kabupaten Muara Enim

Herman Deru (HD) menyambut baik dan merespon kehadiran pimpinan dan Anggota DPRD Muara Enim tesebut yang tujuannya baik untuk mencari solusi dari permasalahan pertambangan rakyat di Muara Enim pasca terjadinya longsor tambang batu bara rakyat di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim pada Rabu 21 Oktober lalu yang menewaskan 11 orang pekerja.

Menurut HD, Sumsel memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang lengkap meskipun masyarakat ada yang merasakan dan tidak merasakan akibat dari kekayaan alam tersebut.Untuk itu, langkah solusi yang harus diutamakan adalah langkah kemanusiaan.

“Pasti ada yang membeli makanya ada tambang rakyat ini dan pastinya ada disparitas (Selisih) harga yang lebih murah. Kenapa dilarang, karena pekerja tersebut masih perlu bimbingan keselamatan dan kemudian dampak lingkungan serta tidak adanya pajak. Kalau tambang resmi tentu diatur safety nya (Kemanannya)” ujar HD.

Menurutnya, pertambangan rakyat ini sulit dikontrol karena tidak memiliki perizinan. Satu yang saya inginkan bagaimana pemberdayaan masyarakat sekitar. Kemudian, secara hukum memang melanggar. “Namun, bagaimana solusinya karena adanya masyarakat yang penghasilannya bergantung pada tambang tersebut,” tegas HD. (rma/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *