oleh

Kabar Gembira, Mendikbud Bolehkan Pembayaran Guru Honor dengan Dana BOS

JAKARTA, Berita Rakyat Sumatera – Guru honorer di Indonesia dapat bergembira. Pemerintah Pusat resmi mengumumkan pembayaran gaji guru honorer dapat menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kebijakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menyesuaikan dengan masih terjadinya wabah Coronavirus Covid-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 19 Tahun 2020, dinyatakan pula bahwa ketentuan pembayaran honorarium guru paling banyak 50 persen dari total dana BOS yang diberikan ke sekolah selama wabah Covid-19.

“Ketentuan ini untuk menjamin agar guru honorer yang tetap bekerja di masa wabah Covid-19 tetap diberikan honor sesuai haknya. “Kami minta kepala sekolah mengatur penggunaan anggaran dana BOS disesuaikan dengan aturan bari ini,” kata Menteri Nadiem, melalui Dirjen PAUD Dikdasmen, Hamid Muhammad, seperti dilansir tim Kemendikbud.

Dia mengatakan, penghargaan terhadap para guru tersebut karena di musim wabah Covid-19, sekolah masih mendidik anak-anak dengan sistem piket, bahkan guru mendatangi murid-murid ke rumah mereka, terutama daerah yang kesulitan melakukan komunikasi. “Jadi untuk dasar pencairan honor sudah dapat dibayarkan berdasarkan ketentuan tersebut. Dengan aturan baru ini, kita harap guru-guru honor dan sekolah-sekolah lebih semangat dalam memberi pembelajaran dan pendidikan kepada para murid,” katanya.(ojan/jeki/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *