oleh

Otonomi daerah berikan ruang pemda berinovasi

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebutkan keberadaan sistem pemerintahan yang menganut asas desentralisasi melalui otonomi daerah telah memberikan ruang bagi pemerintah daerah atau Pemda untuk berinovasi.

“Adanya sistem pemerintahan otonomi daerah, memberikan ruang yang lebih besar kepada daerah untuk bermanuver berinovasi, berkreativitas untuk daerah masing-masing,” kata Mendagri Tito Karnavian dalam kegiatan Innovative Government Award (IGA) 2022 di Jakarta, Jumat.

Apalagi, kata dia, dengan adanya sistem pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung, inovasi-inovasi daerah menjadi tuntutan tersendiri dari masyarakat. Sebab, kepala daerah hasil pilihan masyarakat, memiliki tanggung jawab untuk melayani dan memenuhi kebutuhan warganya.

“Inovasi-inovasi daerah ini menjadi tuntutan dari masyarakat agar daerahnya bisa cepat melompat juga, dan ini memerlukan langkah-langkah cepat dari kepala daerah untuk membuat terobosan yang kadang-kadang out of the box,” kata dia.

Mendagri mengatakan sistem desentralisasi memberikan ruang yang lebih besar bagi daerah untuk memberikan terobosan dan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. Hal ini berbeda dengan sistem sentralisasi yang bersifat terpusat dari atas ke bawah.

Mendagri mencontohkan selain berbagai inovasi yang membuat pelayanan masyarakat lebih mudah, menurutnya inovasi pulalah yang membawa Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah dalam gelaran G20.

“Inilah bukti inovasi mampu mendongkrak bangsa Indonesia untuk melompat lebih maju lagi,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Kementerian Dalam Negeri pada Jumat 23 Desember 2022 telah memberikan penghargaan kepada daerah yang inovatif dalam kegiatan Innovative Government Award (IGA) 2022. Dengan penghargaan tersebut, menurut Mendagri diharapkan juga dapat menjadi acuan bagi masyarakat dalam menilai kinerja para pemimpin daerah. (rma/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *