oleh

Palembang dan sebagian kota besar Indonesia diprakirakan alami hujan

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas beragam pada Rabu.

Dalam informasi daring ditayangkan infoBMKG diikuti di Jakarta, dijelaskan bahwa terpantau adanya dua sirkulasi siklonik yaitu di Selat Karimata dan di Samudera Hindia sebelah barat kepulauan Mentawai, yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari laut Jawa bagian barat hingga Lampung, di Laut Natuna dan di Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai.

Kemudian terpantau pula adanya daerah pertemuan angin atau konfluensi di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, dan di Laut Natuna. Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Banten hingga Selat Sunda kemudian di Kalimantan Tengah, di Sulawesi Tengah, dan di wilayah Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Secara umum kondisi cuaca di pulau Sumatera antara berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas lebat. Potensi hujan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Kota Medan.

Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang diperkirakan terjadi di Kota Bengkulu dan hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Palembang.

Beralih ke pulau Jawa, secara umum kondisi cuaca di Pulau Jawa berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan yang diprakirakan terjadi di kota Jogyakarta, Bandung dan Jakarta. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Serang dan Semarang.

Kecuali Kota Surabaya, kondisi cuaca diprakirakan umumnya berawan dengan suhu udara berkisar antara 25 hingga 33 derajat Celcius.

Di pulau Kalimantan, potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di Kota Banjarmasin dan Kota Samarinda, Sedangkan Kota Palangkaraya berpotensi hujan dengan intensitas sedang. Waspadai potensi hujan petir yang diprakirakan terjadi di kota Pontianak.

Sedangkan untuk Kota Tanjung Selor kondisi cuaca umumnya berkabut, dengan suhu udara berkisar antara 23 hingga 28 derajat Celcius.

Selanjutnya untuk Kota Makassar dan Kendari diprakirakan kondisi cuaca umum berawan dengan suhu udara berkisar antara 24 hingga 32 derajat Celsius. Potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terdapat di kota Palu Gorontalo dan Kota Manado.

Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan terjadi di kota Mamuju.

Selanjutnya untuk kota Denpasar kota Mataram dan kota Kupang cuaca berkisar antara berawan hingga cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 22 hingga 33 derajat Celcius.

Terakhir, kota-kota besar di Indonesia Timur, Kota Ambon, Ternate, Manokwari dan Jayapura umumnya kondisi cuaca diprakirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan. (jek/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *