oleh

Agar Lambung Tak Kaget, Siapkan Menu Ini Saat Sahur 

Jakarta, BeritaRakyatSumatera – Jumat ini bertepatan dengan 1 Ramadhan. Agar puasa lancar dan terbebas dari gangguan penyakit, makanan adalah salah satu yang wajib untuk diperhatikan.

Kir-kira menu apa ya yang perlu diperhatikan agar perut tak kaget khususnya di hari hari pertama puasa?

Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Hardinsyah menjelaskan, sahur perdana dan sahur selanjutnya selama 30 hari akan lebih baik dengan menghidangkan gizi berimbang. Tetap ada sayur dan buah. Sehingga kecukupan gizi apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini akan terpenuhi.

“Persiapan diri untuk hidangannya sama saja, makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah yang bisa menjaga imunitas,” jelas Prof Hardinsyah dikutip salah satu media online.

Agar lambung tak kaget, kata dia, sebaiknya saat bangun sahur jangan langsung makan. Akan tetapi perut butuh jeda 30 menit sebelum makan sahur.

“Supaya enggak langsung duduk di meja makan, 30 menit dulu misalnya ke toilet, cuci muka dan bersih-bersih. Apalagi pas mau sahur kan ngantuk pasti. Jadi harus ada jeda dulu. Sehingga lambung tak kaget bangun tidur langsung makan. Biar ada warming up,” tuturnya.

Hardinsyah menegaskan akan lebih baik jika melakukan ibadah sahur sebelum puasa. Dan jangan sampai lupa agar metabolisme tubuh sanggup dalam menghadapi ibadah puasa.

Seperti diketahui, setalah makan sahur pun harus memiliki jarak dengan aktivitas lain, termasuk sholat. Sebab, sholat memiliki gerakan berdiri, duduk, dan sujud. Sehingga perlu ada jarak selesai makan sahur dengan aktivitas lainnya.  (ras/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *