oleh

China Klaim Lembah Galwan dan Salahkan India atas Bentrokan di Perbatasan

//China menuduh tentara India melakukan perkelahian di wilayah Ladakh yang disengketakan yang menewaskan 20 tentara India.

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – China mengatakan Lembah Galwan tempat dimana pasukan Cina dan India terlibat dalam bentrokan mematikan sepenuhnya di dalam wilayahnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Zhao Lijian mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa Lembah Galwan, yang merupakan bagian dari wilayah Ladakh yang disengketakan, terletak di sisi Cina dari Garis Kontrol Aktual (LAC) – perbatasan de facto antara kedua Asia saingan.

Zhao menuduh India melanggar perjanjian kedua negara pada 6 Juni tentang LAC, menyebutnya sebagai “provokasi yang disengaja” di pihak New Delhi.

Dia mengatakan bahwa “hak dan kesalahan … sangat jelas dan tanggung jawab sepenuhnya berada di pihak India”.

Dalam serangkaian tweet, Zhao mengatakan bahwa orang India sejak April secara sepihak membangun jalan, jembatan, dan fasilitas lainnya di wilayah tersebut.

Pernyataan itu bertentangan dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar yang sebelumnya mengatakan bahwa pertempuran terjadi setelah “pihak China berusaha untuk membangun sebuah struktur di lembah Galwan di sisi kami LAC”.

Pada tanggal 15 Juni, 20 tentara India tewas dalam perkelahian fisik dengan pasukan Cina di Lembah Galwan dekat dengan dataran tinggi Aksai Chin yang disengketakan yang diklaim oleh India.

Prajurit berkelahi dengan tongkat, batu, dan tinju mereka, tetapi tidak ada tembakan yang ditembakkan, kata pejabat India. Para prajurit membawa senjata api tetapi tidak diizinkan menggunakannya berdasarkan perjanjian sebelumnya dalam sengketa perbatasan. (mhn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *