oleh

Google Podcasts akan ditutup

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Google akan menutup aplikasi Podcasts-nya di Amerika Serikat dalam beberapa hari mendatang dan perusahaan telah mulai memberi peringatan kepada pengguna aplikasi tersebut bahwa mereka perlu memindahkan langganan mereka ke YouTube Music.

Pemindahan tersebut diminta dilakukan sebelum tanggal 2 April agar para pengguna bisa terus mengikuti dan menonton acara favorit mereka ke depannya.

Pengguna yang tidak segera melakukan pemindahan akan tetap memiliki waktu tambahan untuk bermigrasi, namun tidak akan lagi dapat menonton langsung dari aplikasi Podcast setelah tanggal itu.

Aplikasi Google Podcasts, yang telah diinstal lebih dari 500 juta kali di perangkat Android di seluruh dunia selama setengah dekade, telah menawarkan antarmuka yang sederhana dan efisien untuk menemukan, mengikuti, dan mendengarkan podcast, serta alat untuk menambahkan podcast melalui feed RSS.

Sayangnya bagi para penggemar, raksasa teknologi tersebut mengumumkan pada September lalu bahwa mereka akan mulai mengakhiri aplikasi Podcasts pada awal 2024 sebagai bagian dari rencana lebih luas mereka untuk mengonsolidasi layanan audio di bawah YouTube.

Pada tahun 2020, YouTube Music menawarkan strategi transisi serupa untuk memindahkan pendengar musik dari Google Play Music sebelum penutupannya pada tahun yang sama.

Namun, aplikasi Google Podcasts tetap dipertahankan selama beberapa tahun karena YouTube Music belum siap untuk mendukung podcast sampai baru-baru ini.

Pada akhir 2023, YouTube Music sudah mampu mendukung podcast secara global, dan, pada bulan Februari, mereka juga memiliki kemampuan untuk mengunggah feed RSS mereka.

Pemindahan podcast ke YouTube dapat membantu Google menjadi pemain yang lebih besar di bidang tersebut, tidak hanya dengan menggabungkan upaya dan mempertajam fokusnya, tetapi juga karena minat pada video podcast — yang sudah populer di YouTube — sedang meningkat.

Pada minggu ini, misalnya, Spotify melakukan kesepakatan dengan Universal Music Group (UMG) untuk membawa video podcast ke pengguna Amerika Serikat melalui aplikasi streaming mereka setelah sebelumnya pada bulan Maret mengumumkan uji coba video podcast di 11 pasar lain di seluruh dunia.

Bleeping Computer adalah yang pertama kali memperhatikan tanggal penutupan Google Podcasts di Amerika Serikat, dan halaman dukungan di situs Google memastikan bahwa pengguna di Amerika Serikat hanya akan dapat menggunakan aplikasi Podcasts hingga akhir Maret 2024.

Bagi mereka yang melewatkan pop-up di aplikasi, Google akan memberikan waktu tambahan kepada pengguna untuk menyimpan langganan mereka dengan memungkinkan mereka menggunakan fitur ekspor aplikasi hingga Juli 2024.

Google tidak segera merespons permintaan komentar, tetapi setelah publikasi, mereka menyatakan bahwa mereka masih “melacak menuju” tanggal 2 April untuk Amerika Serikat, tetapi belum membagikan waktu untuk wilayah lain di dunia.

Dari pernyataan sebelumnya, rencananya adalah menghentikan Google Podcasts secara global pada tahun 2024. Demikian disiarkan TechCrunch, Sabtu (30/3). (rma/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *