oleh

SDM daerah jadi kunci antisipasi kerawanan pemilu-pilkada

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik mengatakan kesiapan sumber daya manusia di daerah menjadi kunci dalam mengantisipasi kerawanan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang digelar dengan waktu berdekatan.

“Kuncinya adalah kesiapan SDM KPU di daerah,” ujar Idham saat menemui awak media di Yogyakarta, Minggu.

Ia pun mengaku sangat percaya dengan KPU provinsi, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, KPU kabupaten/kota se-Indonesia.

Dia menegaskan KPU siap melaksanakan Pilkada Serentak 2024 yang beririsan dengan tahapan pemilu.

KPU di tingkat daerah sudah mulai melakukan diseminasi informasi dan sosialisasi serta pendidikan pemilih berkenaan dengan pemilihan serentak nasional.

Selain itu, Idham juga mengungkapkan bahwa KPU RI sedang menghadapi perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Itu pun jika memang di dalam satu wilayah administrasi di daerah ada yang diregistrasi di MK dan saat ini kami masif fokus penyelesaian persidangan PHPU pilpres,” jelasnya.

MK pada 23 April 2024 akan menyampaikan informasi mengenai perkara PHPU untuk pemilu legislatif pada daerah pemilihan (dapil) yang diregister dan dipersidangkan dalam sidang MK.

Oleh karena itu, menurut Idham, KPU memiliki waktu yang cukup untuk menjalankan tahapan pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

“Kami pikir rekan-rekan memiliki waktu yang cukup untuk menjalankan tahapan ini. Dalam artian pemilu nasional serentak 2024 dan pemilihan (pilkada) serentak nasional 2024,” pungkas Idham. (mhn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *