oleh

Idul Adha 1443 Hijriah, Presiden Joko Widodo berkurban dua ekor sapi di Solo

Solo, Berita Rakyat Sumatera – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban dua ekor sapi di Kota Solo pada Idul Adha 1443 Hijriah yang masing-masing dikirim ke Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Al Wustho Pura Mangkunegaran.

Ketua Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran Purwanto di Solo, Jawa Tengah, Sabtu mengatakan sapi kurban dari Presiden Jokowi sudah diterima pada Jumat (8/7) pukul 22.00 WIB.

Sapi berjenis simental tersebut dibeli dari peternak asal Ungaran, Kabupaten Semarang.

“Tiba dari Dinas Peternakan Ungaran tadi malam, usianya 6 tahun dengan berat 953 kg. Insya Allah disembelih besok (19/7),” katanya.

Sedangkan satu ekor sapi yang lain dikirim ke Masjid Agung Surakarta pada hari ini. Sapi dengan berat 1,01 ton tersebut dibeli dari peternak asal Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali.

Ketua Takmir Majid Agung Surakarta Muhtarom mengatakan rencananya sapi tersebut akan dikirim sore atau malam hari. Sama dengan di Al Wustho, penyembelihan sapi akan dilakukan pada Ahad (10/7).

Untuk sapi yang dikirim ke Masjid Agung Surakarta berjenis limosin.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Surakarta Hendro Pramono memastikan kedua sapi yang berasal dari presiden dalam kondisi sehat serta tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Kondisinya sehat, tidak terpapar PMK, dan bebas parasit cacing,” katanya. (rma/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *