oleh

Ma’ruf Amin gelorakan semangat tiada hari tanpa olahraga

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin terus menggelorakan semangat hidup sehat melalui olahraga termasuk dengan mendorong kolaborasi seluruh kementerian dan lembaga.

“Kita memang akan menggelorakan (semangat) olahraga, tidak ada hari yang tidak ada olahraga,” kata Wapres saat memberikan keterangan pers usai meresmikan Pembukaan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Wapres Ma’ruf selaku Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) mendorong kolaborasi seluruh kementerian dan lembaga, termasuk juga pemerintah daerah untuk mendukung gerakan membudayakan olahraga ini.

“Pemerintah daerah harus menganggarkan anggaran untuk olahraga dan juga menggerakkan olahraga di daerah,” tambah Wapres.

Lebih jauh, Wapres menerangkan bahwa melalui DBON pemerintah ingin membangun ekosistem keolahragaan dari hulu ke hilir dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan di bidang olahraga (sport science).

“Hulunya itu kesegaran, kebugaran, (sedangkan) hilirnya adalah prestasi. Jadi kita ingin membangun ekosistem ini, (bahkan) dengan menggunakan pendekatan-pendekatan ilmu pengetahuan, karena itu kita membangun sport science center,” terangnya.

Melalui ekosistem ini, tutur Wapres, nantinya akan terlihat kementerian, lembaga, atau daerah mana yang belum melakukan pembinaan olahraga sehingga dapat dievaluasi dan diperbaiki.

“Kita akan memajukan olahraga sesuai dengan rencana dalam rangka mewujudkan DBON di Tanah Air. Ujungnya adalah kita ingin benar-benar mewujudkan prestasi olahraga yang berskala dunia,” ungkap Wapres.

keterangan Wapres, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menuturkan bahwa koordinasi pusat DBON langsung dipimpin oleh Wapres dengan anggotanya adalah para menteri Kabinet Indonesia Maju dan berbagai lembaga terkait.

“Di tingkat provinsi ketuanya langsung gubernur dan juga para pejabat daerah terkait, tingkat kabupaten/kota juga bupati dan wali kota,” kata Menpora.

Untuk itulah, lanjut Menpora, sebagai upaya memperkuat kolaborasi seluruh pihak terkait dalam mewujudkan tujuan DBON, tema peringatan Haornas tahun ini adalah “Bersama Cetak Juara”.

“Tidak mungkin (membangun olahraga) hanya dikerjakan oleh pemerintah pusat saja, atau hanya provinsi, atau hanya kabupaten/kota saja. Itulah sebabnya mengapa pimpinannya yang mengkoordinasikan ini langsung Bapak Wapres sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar sesuai target-target DBON,” pungkasnya.

Selain Menpora, turut mendampingi Wapres dalam keterangan pers kali ini Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. (rmt/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *