oleh

Pandemi Jadi Peluang Perbaiki Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa tantangan pandemi COVID-19 harus dilihat sebagai peluang memperbaiki pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Tantangan pandemi ini harus kita lihat sebagai peluang untuk memperbaiki sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara fundamental,” ujar Sandiaga dalam sambutannya pada pembukaan JaKreatif Fest 2021 yang digelar virtual, Senin.

Dia mengatakan pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk itu, diperlukan berbagai program untuk mempercepat pemulihan di sektor tersebut.

Kemenparekraf saat ini tengah berupaya mewujudkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas serta berkelanjutan melalui tiga pilar pemulihan yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Tiga pilar tersebut, kata Sandiaga, diterapkan dalam menyusun berbagai program untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga turut mengapresiasi pelaksanaan acara JaKreatif Fest 2021 yang digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya membantu memulihkan perekonomian nasional.

“Saya berharap rangkaian Jakarta Kreatif Festival 2021 ini dapat menggaungkan suara kampanye besar bersama sehingga dapat semakin menanamkan rasa cinta atas karya kreatif anak bangsa dan produk lokal Indonesia,” ucap Sandiaga.

Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta secara resmi membuka Jakarta Kreatif Festival (JaKreatif Fest) 2021 yang digelar dalam upaya mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI).

“Jakarta Kreatif Festival diselenggarakan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko dalam sambutannya pada pembukaan acara yang digelar virtual, Senin.

Tema besar JaKreatif Fest 2021 adalah memberdayakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru yang kreatif, inovatif, dan inspiratif di era digitalisasi untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Melalui acara tersebut, BI Jakarta ingin menyajikan informasi, cerita, serta interaksi dengan para penggiat UMKM syariah, industri kreatif, industri perfilman nasional, kopi nusantara, wisata Jakarta, fesyen, dan digitalisasi pembayaran. (rma/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *