oleh

4.160 ekor sapi divaksin PMK oleh Pemerintah Provinsi Riau

Pekanbaru, Berita Rakyat Sumatera – Pemerintah Provinsi Riau sudah memvaksin 4.160 ekor sapi guna menekan laju penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu

“Dari 4.160 ekor sapi yang divaskin itu tercatat paling banyak di Pekanbaru atau mencapai 1.000 dosis, sedangkan yang paling sedikit yakni ternak sapi di Kabupaten Indragiri Hilir atau sebanyak 57 dosis,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau Herman di Pekanbaru.

Hingga saat ini, Kementerian Pertanian sudah mendistribusikan vaksin untuk hewan ternak ke Provinsi Riau sebanyak 7.400 dosis dan dibagikan secara bertahap kepada 12 kabupaten dan kota di Riau.

Ia menyebutkan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dengan target 7.400 ekor sapi dilaksanakan sejak 25 Juni 2022 sampai dengan 7 Juli 2022.

“Saya berharap kabupaten/kota semuanya dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan target,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan saat ini Pemerintah Propinsi Riau akan terus memantau pelaksanaan vaksinasi di lapangan, sedangkan vaksinasi dilaksanakan pada sapi dengan kondisi sehat dan belum pernah terjangkit PMK.

Oleh karena itu, ia berharap, vaksinator segera mempercepat pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan prosedur pada hewan sehat dan bekerja sama dengan instansi terkait di lapangan, guna mengurangi percepatan penyebaran penyakit. (rmt/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *