oleh

Bayi Perempuan dari Musi Rawas Positif Covid-19, Total se-Sumsel 156 Orang

PALEMBANG, Berita Rakyat Sumatera – Kasus terbaru warga Sumatera Selatan positif terjangkit Coronavirus Covid-19 totalnya menjadi 156 kasus. Ada penambahan 6 kasus dari tiga daerah, yaitu Kota Palembang, Kota Lubuklinggau, dan Kabupaten Musi Rawas, masing-masing menyumbang 2 kasus. Salah seorang yang positif Covid dari Musi Rawas ialah bayi berumur 1 tahun.

“Penambahan kasus positif Covid-19 dari data sebelumnya ialah 6 orang terkonfirmasi positif. Sebelumnya 150 kasus, sekarang menjadi 156 kasus. Enam kasus terbaru berasal dari Palembang, Lubuklinggau, dan Musi Rawas. Semuanya berstatus penularan lokal,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri.

Dua kasus dari Palembang ialah Laki-laki 33 tahun dan perempuan 61 tahun. Dari Lubuklinggau Laki-laki 24 tahun dan Laki-laki 22 tahun. Sementara, dari Musi Rawas terdiri dari perempuan 61 tahun dan seorang bayi perempuan umur 1 tahun. Kasus Lubuklinggau dan Musi Rawas berasal dari kluster yang sama yaitu di Lubuklinggau.

Terkait bertambahnya kasus di Lubuklinggau, kata Yusri ketika dikonfirmasi Berita Rakyat Sumatera, kota yang dipimpin Walikota SN Prana Putra Sohe alias Nanan itu, berpotensi naik status menjadi Zona Merah atau dilakukan Transmisi Lokal. “Bila terjadi penularan dari A ke B, dari B ke C, maka itu sudah terkategori Transmisi Lokal, atau Zona Merah,” kata Yusri.

Sementara, untuk seorang bayi dari Musi Rawas yang terjangkit positif Covid-19, dilakukan penanganan secara intensif. “Semua pasien positif Covid-19 dilakukan perawatan sesuai standar penanangan pasien Covid-19,” kata Yusri.

Selain 6 kasus penambahan positif Covid-19, Satgas Sumsel juga mengumumkan 5 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Palembang dan Lubuklinggau. Sehingga kasus per tanggal 1 Mei 2020 total kasus sembuh sebanyak 29 orang, yakni dari Palembang (21 orang), OKI (2 orang), OKU (2 orang), Pagaralam (1 orang), Prabumulih (1 orang), Pagaralam (1 orang), dan Lubuklinggau (1 orang), serta dari luar daerah (1 orang). Kasus meninggal ada 4 orang. “Semoga kasus meninggal tidak bertambah. Kita minta masyarakat terus ikuti imbauan pemerintah agar melakukan standar penanangan Covid-19: cuci tangan, hand sanitizer, memakai masker, dan Physical Distancing,” kata Yusri.(asm/ras/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *