oleh

Bupati Empat Lawang Ajak Perangi Corona Tanpa Korupsi

EMPAT LAWANG, Berita Rakyat Sumatera Warning dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar dana bencana non alam tidak dikorupsi, membuat Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad dan Wakil Bupati Yulius Maulana menerbitkan MoU (Nota Kesepahaman) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Polres Empat Lawang untuk mengawasi penggunaan dana penanggulangan Coronavirus Covid-19.

Duet Bupati Joncik Muhammad dan Wakil Bupati Yulius Maulana ini memang dikenal bersih ketika menjadi anggota DPRD Sumatera Selatan. Menurut Joncik, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini sebagai bentuk langkah cepat agar pelaksanaan anggaran dana Covid-19 di Kabupaten Empat Lawang tidak menyalahi aturan.

“Kita bersyukur karena hingga sekarang kasus di Empat Lawang masih zero. Semoga hingga wabah Corona habis, kondisi ini tetap zero. Tapi, dalam penanggulangan bencana non alam harus kita siapkan seluruh perangkat, termasuk soal aturan agar tidak menyalahi. Sesuai instruksi Presiden, ayo kita perangi Corona tanpa korupsi. Caranya, semua pelaksanaan anggaran harus sesuai aturan dan prosedur,” kata Joncik sebagaimana dilansir sebuah situs online.

Menurut Joncik, pihaknya tidak berani melakukan pengadaan peralatan dan Sembako tanpa aturan. “Semua sudah ada e-katalog. Beli barang harus sesuai harga yang tertera, tidak berani mengubah menaikkan atau memperbanyak. Tidak berani membeli beres dengan angka yang berbeda, misalnya beli 1 ton dibuat 1,5 ton, kami tidak berani. Apalagi ini masalah bencana, kita harus lawan sama-sama penanggulangan bencana ini tanpa dikorupsi,” ujar Joncik menegaskan.

Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana mengatakan sangat sepakat dengan apa yang sudah disampaikan Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad. “Setuju saja apa yang sudah disampaikan Pak Bupati. Itu sudah benar semua,, hehe,” kata Yulius tertawa kecil.

Kenapa harus MoU? “Kita ingin pelaksanaan anggaran terkoordinasi dan diawasi dari awal. Jangan sampai di akhir jabatan ada masalah hukum. Lebih baik kita teliti dan betul-betul hati-hati dari awal,” ujar Joncik.

Kapolres Empat Lawang, Eko Yudi Karyanto menyambut baik MoU dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang. “Dengan penandatanganan ini, kita harap pelaksanaan anggaran dapat betul-betul tepat sasaran dan sesuai aturan,” kata Kapolres.

Dan kita berdoa  di kabupaten Empat lawang,mudah mudahan  tidak ada virus Corona,ini tentunya didukung oleh semua perangkat pemerintahan yang sudah di beri Instruksi oleh oleh Saudara Bupati untuk mendata semua pendatang yang masuk ke Kabupaten Empat Lawang,dari tingkat RT,Desa,Kelurahan dan Kecamatan.ujar Kapolres bersahaja.(eddy/bbs).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *