oleh

Dongkrak Pendapatan Petani Karet, Gubernur Herman Deru Raih APPI Award 2020

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Jelang tutup tahun 2020, Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali menerima penghargaan tingkat nasional. Kali ini orang nomor satu di Bumi Sriwijaya tersebut menerima penghargaan dari sektor perkebunan berupa Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia (APPI) Award dari Kementerian Pertanian.

Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada Gubernur Sumsel atas perhatian dan dukungannya terhadap hilirisasi karet di wilayahnya. Pemberian penghargaan itu dilakukan secara simbolik kepada Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemprov Sumsel, Prof Edward Juliarta saat Puncak Peringatan Hari Perkebunan ke-63 di Scientia Park, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Kepala Dinas Perkebunan Sumsel, Fachrurrozi melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (P2HP), Rudi Arpian menjelaskan penghargaan diberikan kepada kepala daerah yang memiliki berbagai inovasi dan terobosan untuk memajukan sektor perkebunan di wilayahnya.

“Anugerah ini digelar setiap tahun bertepatan dengan Hari Perkebunan ke 63,” jelasnya.

Lebuh jauh Rudi menjelaskan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, hanya ada enam gubernur yang menerima penghargaan tersebut. Diantaranya, Gubernur Sumsel, Jabar, Sulut, Jateng, Jambi dan Sumut.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen serius dari pak Gubernur dalam memajukan sektor perkebunan di Sumsel. Terutama para petani karet,” katanya.

Rudi mengungkapkan, di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, sektor perkebunan menjadi salah satu sektor penopang perekonomian. Bahkan, nilai ekspor dari sektor tersebut paling besar diantara sektor non migas lainnya.

Beberapa kebijakan yang dibuat oleh Gubernur Sumsel tersebur diantaranya adalah dengan memperbanyak Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). (ojn/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *