oleh

Feby Deru: Kampung Pempek Tanggo Rajo Cindo Jadi Alternatif Tamasya Sekaligus Kulineran

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Ketua TP PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia Herman Deru meninjau pengembangan sentra kawasan kuliner Kampung Pempek Tanggo Rajo Cindo di Wilayah Kelurahan 7 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Palembang.

Feby Deru mengatakan wisata kampung pempek bisa menjadi alternatif dan referensi untuk bertamasya sekaligus kulineran.

“Pempek sudah menjadi ikon Palembang. Kuliner ini tak hanya sekedar kudapan (makanan selingan) saja. Namun nyaris dikonsumsi saban hari oleh masyarakat. Kita ingin mengenalkan pempek di kancah dunia. Makan pempek di sentra produksinya, di kampung pempek ini”, katanya.

Pengembangan potensi wisata ini diungkapkan Feby harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Menurutnya hal utama dan penting adalah menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih lagi hal ini berkaitan dengan proses produksi pempek.

“Walaupun kampung pempek ini berada di pinggiran sungai Musi, tetap utamakan kebersihan. Mulailah dari tempat tinggal kita. Usahakan ada tempat pembuangan sampah, atau bisa dilakukan gotong royong rutin bersama warga”,imbuhnya.

Sementara Dirut BSB Achmad Syamsudin mengatakan pihaknya akan terus bersinergi bersama pemerintah provinsi/kabupaten/kota untuk ikut serta berkontribusi dalam pembangunan. Hal ini diwujudkan dengan menggarap pengembangan sentra kawasan kuliner pempek Tanggo Rajo.

“Kampung ini dikembangkan jadi industri kreatif. Kami membantu pengembangannya melalui unit syariah terkait KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang ringan, yaitu sistem bagi hasil”, jelasnya.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan bantuan KUR Syariah UMKM Pempek Palembang dan bantuan pembiayaan UMKM Tanggo Rajo. (rma/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *