oleh

Gempa 4,8 SR guncang Pesisir Barat Lampung

Lampung, Berita Rakyat Sumatera – Gempa Bumi dengan getaran 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, pada Sabtu, (25/02/2023) pukul 09.08 WIB.

“Gempa bumi magnitudo 4,8 dengan pusat gempa berada di laut 59 kilometer barat daya Pesisir Barat,” sebut BMKG dalam dilaporkan situs resminya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG gempa bumi terjadi pukul 09.08 WIB.

“Sampai saat ini dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” kata Mirza di Lampung Barat.

Meski gempa berada di laut 59 km barat daya, kata dia, namun gempa terasa cukup kuat. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan di wilayah Pesisir Barat.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan jangan panik.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah di Kabupaten Pesisir Barat agar tetap tenang,” kata dia.

Salah seorang warga di Krui, Pesisir Barat, Indah mengatakan merasakan getaran gempa yang cukup kuat. “Iya getarannya lumayan kuat, lagi beres-beres rumah barang-barang di dapur pada goyang,” katanya.

Dampak gempa bumi yang digambar kan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pesisir Barat, hingga Liwa Lampung Barat.

Dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,8 SR berpusat pada koordinat 5.72 LS 103.87 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 59 km barat daya Pesisir Barat pada kedalaman 29 km. (ojn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *