oleh

HD Ikuti Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Bahas Komoditas Pangan Impor

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) mengikuti secara virtual Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 dibuka langsung Presiden RI, Joko Widodo.

Presiden pada kata sambutannya menyampaikan, ditengah kondisi Pandemi Covid-19 yang dihadapi sektor pertanian menempati posisi yang makin central.

Terkait dengan peringatan FAO (Food and Agriculture Organization) bahwa akan terjadinya krisis pangan, Jokowi menegaskan jajarannya untuk berhati – hati akan hal tersebut.

“Kita mengetahui bahwa penduduk Indonesia sekarang berjumlah 270 juta lebih, oleh sebab itu pengelolaan tentang pangan dan pembagunan pertanian harus betul-betul diseriusi, terutama berkaitan komoditas pertanian impor”, ungkap Jokowi.

Komoditas Impor diantaranya kedelai, jagung, gula, bawang putih dan beras harus segera diselesaikan dengan menciptakan design yang benar-benar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Jokowi menegaskan bahwa Food Estate yang akan dibangun di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah harus dapat diselesaikan ditahun 2021 ini.

Kemudian Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, Rakernas ini diselenggarakan dengan tema “Memperkuat Peran Sektor Pertanian Dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi ditengah Pandemi Covid-19”, dihadiri oleh 1300 peserta baik online maupun offline.

Dia mengatakan bahwa Kementerian Pertanian memiliki Program utama menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo yaitu mewujudkan ketahanan pangan peningkatkan nilai tambah dan ekspor dengan meningkatkan produktifitas.

Turut hadir Plt. Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ekowati Retnaningsih, para Kepala OPD Prov. Sumsel, Ka. Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Birendrajana, Dirut PT. Sriwijaya Agro Industrindo, Arkoni, Direktur Keuangan dan Umum PT. Pusri, Saifullah Lasindrang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *