oleh

HD Ingin Desa Sungai Pinang Jadi Role Model GSMP di Sumsel

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Setelah memastikan perbaikan jalan Tol Palembang Kayu Agung, Gubernur Sumsel H Herman Deru melakukan peninjauan serta berdialog dengan masyarakat Desa Sungai Pinang Kec. Rambutan Kab. Banyuasin mengenai program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Dihadapan masyarakat, HD menjelaskan bahwa Desa Sungai Pinang merupakan salah satu desa yang memiliki semangat untuk menjalankan GSMP, karena hal tersebut dirinya ingin melihat secara langsung GSMP yang telah dijalankan oleh masyarakat di desa tersebut.

“Kehadiran Saya hari ini, untuk memastikan sudah sejauh mana program GSMP yang sudah setahun setengah dicanangkan ini menyebar dan diikuti. Sungai pinang ini yang termasuk paling dibicarakan terkait dengan GSMP ini”, tutur HD.

HD juga menjelaskan tujuan dari GSMP ialah untuk mengajak masyarakat menggeser pikirannya dari yang tadinya membeli untuk menjadi masyarakat yang menghasilkan sendiri dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

HD juga menghimbau masyarakat untuk mengganti sebagian pot tanaman bunga dengan tanaman sayuran yang nantinya dapat dikonsumsi ketika sudah panen dan hal tersebut juga dapat mengurangi biaya rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari.

“Melalui GSMP. Kita mendapatkan beberapa raport baik seperti terjaganya inflasi dan menurunnya angka stunting. Ini disebabkan karena terpenuhinya protein pada masyarakat kita”, ungkap HD.

Hd juga menegaskan bahwa untuk keperluan bibit, masyarakat dapat memintanya langsung ke Pemprov Sumsel.

“Dari hal kecil seperti menjalankan GSMP kita dapat menjadi masyarakat Sumsel yang hebat dan mandiri pangan. Desa Sungai Pinang saya harap dapat diekspose untuk menjadi contoh bagi desa – desa lainnya”, tutup HD.

Sementara itu, Ka. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Ir. Ruzuan Effendi, M.M menyampaikan laporannya bahwa bantuan bibit GSMP yang diserahkan di Desa Sungai Pinang sebanyak 40 Rumah Tangga.

Turut hadir Anggota DPRD Prov. Sumsel, M. Yaser, SE, dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *