oleh

HD Terima Tim Bappenas Bahas Usulan Program Compact 2 Prov Sumsel

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru katakan saat ini Sumsel perlu pelabuhan baru guna menunjang ekonomi dimana saat ini pelaku UKM jadi mahal cost nya akibat jangkauan transportasi terlalu jauh. Harus ada trigger pendanaan salah satunya melalui Millenium Challenge Corporation (MCC).

Hal tersebut diutarakan pada saat menerima Tim Bappenas dalam rangka Pembahasan Usulan Pogram Compact 2.

” Semoga pertemuan ini dapat memberikan output yang baik dalam pengambilan kebijakan dalam program pembangunan infrastruktur dan UKM ,” ujar HD.

Dilanjutkannya acara ini dilakukan dalam rangka rencana pertemuan dengan pemangku kepentingan di Sumsel, dimana Indonesia sedang melakukan Persiapan dan Pengembangan Program Compact-2 yang merupakan program hibah dari Pemerintah Amerika Serikat yang disalurkan melalui lembaga MCC, lembaga inovatif dan independen dari Pemerintah Amerika Serikat yang bertujuan membantu pengentasan kemiskinan secara global melalui pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Berikut usulan sektor Transportasi dan Logistik dari Pemprov. Sumsel diantaranya Pembangunan Pelabuhan Internasional Tanjung Carat (New Palembang Port di Tanjung Carat, Pembangunan Akses Jalan menuju Tanjung Carat, Pengembangan Pelabuhan Perikanan Sungsang, Pengembangan TOD Dan Integrasi Woda Pada Stasiun LRT Palembang, Pembangunan Jalan dan Jembatan Rantau Bayu- Gelumbang, Peningkatan Ruas Jalan Rambutan-Tulung Selapan dan Peningkatan Jalan Air Batu – Tanjung Lago” tutupnya.

Tim Bappenas, Direktur Kerjasama Pendanaan Bilateral, Kurniawan Ariadi katakan Pertemuan bertujuan, membahas salah satu topik usulan proposal yang akan diajukan untuk dibiayai program Compact-2 tersebut adalah terkait pembiayaan infrastruktur.

“Sebagai informasi Provinsi yang mendapat dalam program MCC diantaranya Sulawesi Utara, Bali, Sumatera Selatan, Riau dan Kepri” ujarnya.

Turut hadir Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M. Kes dan para kepala OPD Prov. Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *