oleh

HD tutup Pameran UMKM memperingati HUT Kabupaten Muaraenim

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Masih dalam rangkaian kunkernya di Kabupaten Muaraenim, Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Sumsel menutup Pameran UMKM memperingati HUT Kabupaten Muaraenim, di halaman GOR Pancasila Muaraenim.

Ada tiga pesan penting yang disampaikan Bapak Infrastruktur tersebut kepada pemangku kebijakan dan pelaku UMKM yang berpartisipasi mengikuti pameran.

Menurutnya agar UMKM dapat berkembang membangkitkan perekonomian daerah dan masyarakat, para pemangku kebijakan dan lembaga keuangab harus mempermudah pintu permodalan bagi setiap IKM dan UMKM.

Kemudian yang kedua adalah konsisten memberikan dan menyelenggarakan pelatihan bagi UMKM. Pasalnya UMKM ini terdiri dari berbagai bidang tak hanya kuliner namun ada juga jasa dan perdagangan.

Selain dua hal di atas, upaya lain yang tak kalah penting dilakukan Pemda adalah membuka peluang pasar untuk mereka. Caranya dengan menggelar Pameran UMKM seperti dilakuka  Oemkab Muaraenim sehingga dapat semakin memperkenalkan produk para UMKM sekaligus meningkatkan omzet mereka.

Dalam kesempatan itu Ia juga memgingatkan semua pihak agar menjadikan rangkaian HUT ke-76 Muaraenim ini sebagai sarana introspeksi menyempurnakan segala sesuatu yang belum sempurna.

Iapun meminta semua pihak terkait untuk meneruskan apa yang sudah terlaksana baik seperti penyelenggaraan pameran UMKM tersebut. Karena hal ini menunjukkan bahwa Pemkab sudah memahami  kekuatan UMKM dalam mendorong perkembangan ekonomi di dserah.

Karena besarnya peran UMKM itulah, Herman Deru berpesan agar Bupati dan Walikota termasuk Forkopimda benar-benar memperhatikan perkembangan UMKM di daerahnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah UMKM berprestasi. (rma/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *