oleh

Herman Deru: Aspal Karet Peluang Agar Karet Tidak Bergantung Pada Segmen Harga Internasional

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Hal ini dikatakan Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dalam konferensi pers usai melakukan Uji Gelar Aspal Karet di Desa Muara Teladan Kecamatan Sekayu Kabupaten MUBA usai meresmikan Unit Pengolahan Aspal Karet

“Sebenarnya ini bukan uji gelar lagi tetapi ini sudah diterapkan. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu alternatif peluang agar karet tidak hanya jadi komoditas tertentu. Tapi sekarang kita berharap agar karet tidak bergantung dalam segmen harga internasional,” ujarnya

HD mengatakan agar dalam penerapannya inovasi ini, masyarakat juga perlu diedukasi tentang teknologi ini dan juga pola sadap yang perlu diterapkan untuk menggunakan teknologi ini.

“Maka kita juga akan memasukan ini ke dalam e-katalog dengan harga yang fix, sehingga petani benar-benar dapat merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga meminta agar setiap pihak yang terlibat juga masyarakat turut menjaga kualitas yang ada, mulai dari tahapan persiapan, penerapan hingga pasca penerapannya yang semuanya perlu dilakukan dengan baik dan benar.

Untuk mendukung hal tersebut, HD juga akan mengeluarkan surat edaran untuk Kab/Kota agar menggunakan aspal karet ini dengan mengambil bahannya ke Kab MUBA sehingga penyerapannya dapat dioptimalkan.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, mengungkapkan yang menjadi fokus dalam pengembangan teknologi ini adalah untuk menambah nilai ekonomi yang diterima petani, berdasarkan hasil pasar dan studi keekonomian pendapatan petani diproyeksi dapat meningkat 50 persen apabila karet sudah diolah lateks melalui alat sentrifugal yang diberikan secara gratis. (rmt/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *