oleh

Herman Deru Tinjau Bendungan Tigadihaji OKU Selatan, Target Pembangunan Tahun 2023

Palembang, Berita Rakyat sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru (HD) didampingi Pjs. Bupati OKU Selatan Hj Nora Elisya, S.H.,M.M beserta jajaran terkait lainnya melakukan monitoring dan peninjauan pembangunan Bendungan Tigadihaji di Kabupaten OKU Selatan tepatnya di Desa Sukabumi Kecamatan Tigadihaji Kab. OKU Selatan.

Pada saat peninjauan tersebut HD menyampaikan bahwa pembangunan Bendungan Tigadihaji ini merupakan proyek strategis nasional, dimana nantinya bendungan ini akan menampung air dari Danau Ranau melalui Sungai Selabung.

Saat ini Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII mulai menimbun tubuh bendungan yang akan menampung 105 juta kubik air. Penimbunan dilakukan bertahap sambil menyelesaikan akses jalan masuk menuju lokasi bendungan.

Bendungan Tiga Dihaji yang mulai dibangun pada akhir 2018 tersebut memiliki tipe zona dengan inti lempung urugan batu dengan area genangan air seluas 468 hektare, dan Bendungan ini ditargetkan selesai pada 2023.

Bangunan utama bendungan setinggi 122 meter dengan panjang puncak bendungan 950 meter serta lebar pada puncak 12 meter. Bangunan ini akan menjadi Bendungan terbesar di wilayah Sumsel.

Bendungan ini nantinya memiliki beberapa fungsi, diantaranya untuk mengairi irigasi pertanian di Komering seluas 72 ribu hektare namun baru di bangun 60-an ribu hektare, selain itu untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) lebih kurang 40 megawatt, serta untuk reduksi banjir, dan pariwisata. (jek/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *