oleh

MY: Segera Bentuk Satgas Di Desa Rawan Karhutla

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya Membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Jajaran Pemerintah Kab. Ogan Ilir.

MY mengatakan Kab. Ogan Ilir sedikit memiliki lahan gambut yang ada, akan tetapi kebakaran sering terjadi di wilayah Kab. OI, oleh karena itu Kab. Ogan Ilir mendapatkan perhatian khusus untuk penanggulangan karhutlah saat ini.

Seperti diketahui, dampak yang disebabkan Karhutlah begitu besar meliputi rusak ataupun memusnahnya keanekaragaman hayati, menurunkan produktifitas pangan, merugikan ekonomi serta menimbulkan ganguan kesehatan yaitu iritasi mata, gangguan pernafasan dan faktor-faktor lainnya.

Untuk itu diperlukan Satgas sampai ke tingkat desa-desa untuk mencegah titik api dari awal tempat munculnya sehingga dapat mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan di desa tersebut. MY langsung mengintruksikan Pemkab Ogan Ilir untuk segera membentuk Satgas Karhutlah di Desa-desa yang sering terjadi Kebakaran di Kab. Ogan Ilir.

“Satgas Desa nantinya dapat bekerjasama dengan manggala agni untuk mencegah terjadinya kebakaran, dan saya juga minta untuk satgas tersebut untuk melakukan pemantauan 1x24jam agar dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, karena ini adalah tugas kita bersama dalam menjalankannya,”papar Mawardi.

Menutup diskusi ini MY mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna Memberikan ketegasan untuk pemerintah kab ogan Ilir untuk menanggulangi karhutlah.

Sekda Kab. Ogan Ilir H. Muhsin ST MM mengatakan, dalam menanggulangi Karhutlah Pem Kab. Ogan Ilir Siap menjalankan arahan maupun instruksi dari Pemprov untuk membentuk Satgas Desa, ia mengatakan memang kedepannya Kab. OI akan membentuk satgas di massing-mashing desa Yang sering terjadi kebakaran.

Turut hadir Kepala Pelaksana BPBD H. Iriansyah., S.Sos., SKM, M.Kes, Kadishut Prov. Sumsel Pandji Tjahjanto. (jek/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *