oleh

Pemprov Sumsel Dukung Penyusunan Kajian Rekomendasi UU Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan oleh BPIP RI

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Ir.S.A. Supriono menerima kunjungan Deputi Bidang Hukum dan Advokasi dan Pengawasan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi dan Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Kemas Akhmad Tajuddin SH.MH beserta rombongan.

Adapun kedatangan rombongan ini untuk berkoordinasi pengumpulan data dalam rangka penyusunan kajian dan rekomendasi terhadap Undang-Undang nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Adapun dasar hukum pelaksanaan penyusunan rekomendasi kebijakan dan regulasi yang bertentangan dengan nilai Pancasila menurutnya adalah Perpres Nomor 7 Tahun 2018 tentang BPIP dan peraturan BPIP Nomor 5 tahun 2020 tentang pedoman pemberian rekomendasi terhadap kebijakan dan regulasi yang bertentangan dengan Pancasila,” ujar Kemas.

Lebih jauh Kemas mengatakan pengumpulan data lapangan tahap awal terkait implementasi UU Nomor 41 Tajun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan untuj proses penyusunan kajian bertujuan memotret bagaimana proses perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Provinsi Sumsel.

Melalui diskusi mengenai substansi UU nomor 41 Tajun 2009 tentangbPerlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dengan stakehokder terkait dimaksudkan untuk meminta masukan dan saran ketentuan apa saja dalam regulasi tersebut yang baik dan sudah selaras dengan nilai Pancasila, serta ketentuan apa saja yang bermasalah dan belum selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Terkait hal pertanian pangan berkelanuitan menurut Kemas paling cocok dengan sila kelima sehingga terus diupayakam agar tidak bertentangan dengan keadilan sosial.

Sementara itu Sekda Sumsel Supriono menyambut positif kajian yang dilakukan BPIP RI di Sumsel. (jek/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *