oleh

Pemprov. Sumsel Hadiri Puncak Peringatan Hari Nusantara 2020

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Ka. Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sumsel, H. Achmad Rizwan, S. STP, MM menghadiri Puncak Acara Peringatan Hari Nusantara tahun 2020 secara virtual.

Peringatan Hari Nusantara Tahun ini digelar dengan tema penguatan budaya bahari untuk meningkatkan ekonomi maritim di era digital.

Presiden RI Joko Widodo diwakili oleh Menko Polhukam RI Moh Mahfud MD menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah perairan dan laut yang lebih luas dibandingkan daratannya.

Dengan mayoritas luas wilayah perairan dan laut tersebut, “tentunya Indonesia memiliki potensi yang sangat banyak pada wilayah kelautan dan perikanannya, hal ini harus dapat dimanfaatkan untuk kemajuan negara serta meningkatkan perekonomiannya”, ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa ada 3 potensi yang dapat dikembangkan terkait dengan wilayah perairan dan laut Indonesia yaitu Potensi wisata bahari, Potensi Perikanan dan Potensi Perhubungan, “Dengan 3 potensi ini, saya harap kita dapat bekerja sama untuk memaksimalkan pemanfaatannya demi mewujudkan peningkatan ekonomi maritim”, ucapnya.

Selain itu Mahfud MD meminta semua sektor instansi pemerintahan untuk dapat menghadap kelaut dan mengolahnya agar dapat meningkatkan kemajuan di wiliayah perairan Indonesia baik dibidang ekonominya maupun Kemaritiman dan tentunya ini harus diiringi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

Terkait dengan perkembangan informasi dan komunikasi dibidang perairan dan kelautan, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan bahwa peringatan ini merupakan momentum bagi kita untuk mewujudkan Indonesia Maju dibidang maritim, “hal ini dapat terwujud jika seluruh sektor dapat bersinergi dalam melakukan perkembangan agar kita dapat mencapai tujuan Indonesia maju dengan reformasi transformasi digital”, ungkapnya. (ojn/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *