oleh

Pemprov Sumsel melalui Dinas Perindustrian Prov. Sumsel membuka BIMTEK Input data Aplikasi SIMFONIS

– Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kadis Perindustrian Ir. Hj. Ernila Rizar, MM, hadir sekaligus membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Imput Data Aplikasi SIMFONIS (Sistem Informasi Online ) Industri Kecil Menengah (IKM) Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Ernila menyampaikan bahwa IKM memiliki tujuan sebagai penyerap tenaga kerja, sebagai upaya dalam mengurangi pengangguran dan berperan dalam pendistribusian hasil – hasil pembangunan.

Disampaikannya pula Permasalahan di IKM diantaranya adalah kebijakan pengembangan IKM yang belum optimal, lemahnya jaringan usaha, belum terdapat kebutuhan IT dalam proses bisnis, keterbatasan SDM, keterbatasan sarana prasarana, serta kesulitan pendanaan modal usaha.

Seperti kita ketahui bersama bahwa perkembangan Teknologi khususnya media internet saat ini begitu pesat, melihat potensi tersebut penting untuk hadirnya aplikasi IKM sebagai bagian dari sistem informasi terkait IKM sebagai upaya pembinaan IKM, Pemasaran IKM, aspirasi IKM, dan Pemantauan IKM.

Dimana data dapat disajikan secara kompetintif dan real time, sebagai upaya memprediksi dan mengembangkan pelayanan dalam menangani permasalahan – permasalahan yang dihadapi dapat secara maksimal dicari jalan keluarnya.

Ditambahkannya pula bahwa Simfonis merupakan sistem online bebasis komunitas yang nantinya sebagai database IKM Sumsel.

Diakhir sambutannya Ernila menyampaikan pesan kepada para peserta untuk dapat mengikuti BIMTEK ini secara serius dan jangan malu untuk bertanya “Mudah – mudahan Bimtek ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi para pelaku usaha IKM Sumsel.

Bimtek ini dilaksanakan dari tanggal 11 s d 13 November dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang yang merupakan para Anggota Komunitas IKM Sumsel. (rma/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *